Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Macan Kemayoran" Melangkah ke Perempat Final Copa

Kompas.com - 11/03/2009, 17:04 WIB

BALIKPAPAN, KOMPAS.com - Persija Jakarta maju ke perempat final Copa Dji Sam Soe Indonesia 2009. Bambang Pamungkas dan kawan-kawan memuluskan langkahnya setelah berhasil menahan imbang tuan rumah Persiba Balikpapan dengan skor 2-2.

Alhasil, tim ibukota itu lolos dengan agregat 5-2. Pasalnya pada leg pertama di Stadion Lebak Bulus, "Macan Kemayoran melumat "Beruang Madu" dengan skor 3-0.

Pada laga yang berlangsung di Stadion Persiba, Rabu (11/3), Persija sempat tertinggal lebih dulu lewat gol TA Musafry. Namun mereka mampu bangkit dan berbalik unggul lewat gol Agus Indra dan Greg Nwokolo, sebelum Persiba menyamakannya di akhir pertandingan melalui penalti Adrian Trinidad.

Dalam laga yang punya atmosfir panas ini, dua pemain Persija mendapat kartu merah. Ponaryo Astaman lebih dulu diusir pada menit ke-63, disusul oleh Piere Njanka pada menit ke-72.

Bermain di hadapan suporter fanatiknya, Persiba langsung menekan pertahanan Persija ketika peluit kick-off berbunyi. Strategi ini ternyata sangat manjur karena Persija nyaris tak berkutik dan hanya bertahan.

Gempuran demi gempuran yang dilancarkan anak-anak Balikpapan membuahkan hasil pada menit ke-13. Musafry dengan cerdik memanfaatkan umpan terobosan Gaston Castanyo. Striker timnas Indonesia itu lolos dari jebakan offside sebelum memperdaya Hendro Kartiko dan membuat Persiba unggul 1-0 yang bertahan sampai jeda.

Di babak kedua, permainan Persiba menurun drastis. Sebaliknya, Persija yang pekan lalu ditaklukkan 0-2 oleh Persiba pada kompetisi Liga Super Indonesia tampil lebih agresif dan menguasai jalannya pertandingan.

Pada menit ke-55, Agus Indra menggetarkan jala gawang Made Wirawan. Dia memanfaatkan kesalahpahaman lini belakang Persiba ketika menyambut umpan silang dari sayap kanan.

Bola sebenarnya bakal mudah ditangkap oleh Made. Namun seorang pemain belakang Persiba yang berusaha mengontrol bola dengan dada justru menjatuhkan bola ke kaki Agus Indra. Alhasil, striker tersebut yang sedikit membelakangi gawang melakukan sentuhan dengan kaki kanan dan si kulit bundar sempat membentur mistar gawang dan memantul melewati garis gawang.

Skor imbang membuat semangat para pemain Persija kian berkobar. Tak lama berselang, tim besutan Danurwindo ini menambah gol lagi lewat Greg yang memanfaatkan umpan Melky Pekey.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com