Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

City Kembali Menghentak, Tawar Buffon Rp 931 M

Kompas.com - 05/09/2008, 02:13 WIB

MANCHESTER, JUMAT - Manchester City benar-benar sedang menikmati indahnya menjadi sebuah klub yang kaya-raya. Gelontoran dana yang tak pernah habis membuat The Citizens bebas memilih pemain yang diinginkan, meskipun impian tersebut belum tentu menjadi kenyataan.

Terakhir, klub yang merupakan rival sekota Manchester United tersebut siap memberikan tawaran yang fantastis kepada penjaga gawang Juventus, Gianluigi Buffon. Menurut laporan Leggo, City menyiapkan dana 70 juta euro (sekitar Rp 931,592 miliar) untuk mendaratkan kiper nomor satu Italia tersebut di City of Manchester.

Sebelumnya, klub yang baru saja dibeli oleh milyarder Arab, Doctor Sulaim al-Fahim, sudah menggaet winger Real Madrid, Robinho. Pemain asal Brasil tersebut dibeli menjelang penutupan jendela transfer musim panas ini pada 1 September tengah malam.

Memang, sejak resmi memiliki klub biru langit tersebut, Al-Fahim langsung mengatakan bahwa dia ingin menjadikan City sebagai klub terbesar di dunia. Caranya, para pemain bintang di Eropa akan diboyong ke City of Manchester.

Nama-nama yang telah masuk di dalam daftar belanjanya adalah Cristiano Ronaldo, Dimitar Berbatov, Cesc Fabregas, Kaka, Lionel Messi, dan Fernando Torres--untuk enam nama itu, dia telah menyiapkan dana Rp 8,1 triliun.

Kini, Al-Fahim membidik Buffon yang bakal menjadi penjaga gawang. Artinya, jika benar-benar terwujud maka City muncul sebagai the dream team yang tentu saja tak punya lawan seimbang.

"Jika kami bisa membeli pemain-pemain hebat di dunia ini, itu karena kami ingin menjadi yang terkuat," ungkap Al-Fahim, Kamis (4/9).

Leggo mengklaim, tawaran yang menggiurkan itu bisa saja membuat pendirian Juventus goyah meskipun "si Nyonya Besar" tampaknya akan mempertahankan penjaga gawang terbaiknya itu. Alasannya, Bianconeri ingin mewujudkan ambisinya untuk meraih gelar juara Liga Champions.

Buffon berkostum Juventus pada tahun 2001. Dia dibeli dari Parma dengan harga 32 juta poundsterling (sekitar Rp 525,808 miliar), sekaligus tercacat sebagai penjaga gawang termahal di dunia. (GL/LOU)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com