Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tinggalkan Hotel, Brasil Huni Penampungan Atlet

Kompas.com - 18/08/2008, 00:15 WIB

BEIJING, MINGGU - Argentina dan Brasil yang akan bertemu di semifinal cabang sepakbola Olimpiade Beijing, Selasa (19/8), memiliki sikap berbeda. Jika Argentina yang selama ini berada di penampungan atlet kemudian pindah ke hotel, Brasil justru sebaliknya. Setelah dua minggu berada di hotel mewah, Ronaldinho dkk mulai Minggu (17/8) menghuni penampungan atlet, seperti halnya atlet Olimpiade lainnya.

Tentu saja, ini membuat penampungan atlet di Beijing menjadi ribut. Sebab, banyak sukarelawan dan atlet yang memburu para pemain Brasil untuk mendapatkan tanda tangan atau foto bersama.

Namun, ini membuat para pemain Brasil terganggu. Bahkan, mereka tak bisa makan di cafetaria atlet, karena diburu banyak penggemar. Menurut juru bicara tim Brasil, Rodrigo Paiva, para pemain merasa terganggu kala akan makan siang. Sehingga, mereka memutuskan untuk tak berlama-lama di cafetaria.

"Para pemain Brasil berusaha makan siang secepatnya, kemudian segera pergi kembali ke tempatnya masing-masing," jelas Paiva.

Bahkan, Ronaldinho yang menjadi bintang terbesar Brasil, tak sempat makan siang. Sebab, dia nyaris kesulitan bergerak karena terus diserbu sukarelawan maupun atlet yang mengidolainya. Dia akhirnya kembali ke tempatnya dan seseorang harus mengambilkan makan untuknya.

Kontras dengan hotel berbintang lima yang mereka tempati sebelumnya, kini para pemain Brasil harus merasakan penampungan atlet. Mereka harus berbagi ruang antara lima sampai enam pemain di di apartemen atlet. Yang membuat para pemain semakin mengeluh, ternyata para pemain Brasil tak mendapatkan ases internet dan tak mendapatkan televisi. Karena alasan itu pula, sebelumnya timnas Argentina meninggalkan penampungan atlet untuk pindah ke hotel.

Brasil datang ke Beijing untuk melakukan persiapan melawan Argentina di semifinal sepakbola Olimpiade, Selasa (19/8). Pertandingan itu akan digelar di Stadion Buruh. Sebelumnya, Brasil bermain di Shenyang dan Qinhuangdao pada babak penyisihan.

Minggu (17/8), malam, tim Brasil sudah berlatih ringan di stadion itu. Brasil bertekad mengalahkan Argentina, untuk memburu medali emas pertama di cabang itu. Jika lolos ke final, Brasil akan lebih lama di Beijing, sampai partai final yang akan digelar di Stadion Sarang Burung, Sabtu (23/8).

Pindahnya tim Brasil ke penampungan atlet itu karena kemauan para pemain sendiri. Ronaldinho mengatakan, dia ingin bertemu dengan rekannya di penampungan atlet. Dia tak lain pemain NBA dan tim bola basket Amerika Serikat (AS), Kobe Bryant.

"Kobe Bryant adalah sahabat yang menyenangkan. Sebagai pemain, aku sangat mengaguminya," kata Ronaldinho. (AP)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com