Syahrul Y Limpo Dilantik 7 April

Kompas.com - 03/04/2008, 07:17 WIB
Editor

MAKASSAR, KAMIS -  Gubernur Sulawesi Selatan terpilih, Syahrul Yasin Limpo/ Agus Nu'mang dikabarkan akan dilantik pada 7 April mendatang. Syahrul bertemu SBY di Istana Presiden sedangkan pertemuan Syahrul-Agus Nu'mang (Sayang) dengan Kalla berlangsung di Lapangan Golf Senayan yang dikemas dengan acara main golf bersama.
 
"Tadi silaturahmi dengan presiden. Kami menyampaikan kondisi Sulsel. Intinya, Syahrul dan Agus siap melaksanakan tugas mengembang amanah rakyat Sulsel," kata Syahrul via telepon selular seusai pertemuan.

Beredar kabar, pasangan Sayang akan dilantik, 7 April mendatang. Panitia Musyawarah (Panmus) DPRD Sulsel menggelar rapat mendadak membahas rencana pelantikan tersebut. "Rapatnya tidak diagendakan. Tiba-tiba Bapak (Ketua Panmus, Zaenal Abidin) minta bertemu dengan pimpinan DPRD untuk membahas teknis pelantikan Sayang," ujar seorang staf humas DPRD Sulsel yang enggan disebutkan identitasnya.


Penuhi Undangan

Dalam pertemuan di Istana Presiden, SBY meminta Syahrul-Agus menempati janji kampanye dan berbuat maksimal untuk pembangunan Sulsel. Syahrul didampingi istrinya drg Ayunsri Harahap dan adiknya Ichsan Yasin Limpo. Pertemuan berlangsung sekitar 90 menit sejak pukul 13.00.

Syahrul mengaku hadir di Istana Presiden untuk memenuhi undangan presiden, beberapa hari sebelumnya. Keputusan presiden (keppres) tentang pelantikan Sayang sebagai kepala daerah terpilih Sulsel sudah sampai di tangan presiden dan tinggal diteken.

Syahrul tidak hadir di Istana Presiden karena pada saat bersamaan, Ketua DPRD Sulsel ini bertemu dengan sejumlah politisi DPP Golkar. Namun tidak ada konfirmasi resmi materi pembicaraan Agus.
Meski keppres belum terbit, informasi yang beredar di tim Sayang, pelantikan diagendakan 7 April mendatang. Hal ini disampaikan Wakil Ketua DPRD Sulsel, Zaenal Abidin.

Di parlemen Sulsel, Zaenal menjabat ketua panitia musyawarah (panmus) yang menetapkan agenda-agenda DPRD. Pelantikan ditangani langsung DPRD. Senin (31/3) lalu, Agus didampingi adik ipar Syahrul, Susilo Tamsil Harahap, juga bertemu Kalla. Pertemuan terbatas itu, membahas soal rencana pelantikan Sayang dyang dijadwalkan di lapangan rumah jabatan gubernur.

Jika seremoni pelantikan itu berlangsung di lapangan, inilah kali pertama kepala daerah Sulsel dilantik di luar gedung DPRD Sulsel. Syahrul nantinya akan menjadi Gubernur Sulsel pertama hasil pemilihan langsung oleh rakyat. Bersama Amin, tahjun 2003 lalu, Syahrul juga menandai berakhirnya masa pemilihan kepala daerah oleh anggota parlemen.

Sementara itu, Pemprov Sulsel telah menyiapkan memori jabatan untuk Penjabat Gubernur Sulsel Ahmad Tanribali Lamo yang tidak lama lagi akan melakukan serah terima jabatan kepada pejabat definitif, Sayang, selaku pasangan gubernur dan wakil gubernur terpilih.

Main Golf

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.