Hammam Serukan AFC Tolak "Ronde Internasional"

Kompas.com - 13/02/2008, 00:50 WIB
Editor

KUALA LUMPUR, SELASA - Rencana besar Liga Premier untuk melakukan "Ronde Internasional" mendapat reaksi negatif dari Presiden Konfederasi Sepakbola Asia (AFC), Mohamed bin Hammam. Dia menyerukan agar seluruh negara di Asia menolaknya karena tak memberikan kontribusi bagi sepakbola dalam negeri.

"Saya yakin itu bukan ide yang bagus bagi liga domestik. Ini hanya menguntungkan mereka. Jika prinsip tersebut diterima, Liga Premier juga seharusnya bisa menerima rencana timbal-balik di dalam wilayah mereka," ungkap Hammam, Selasa (12/2).

Karena itu, dia merekomendasikan kepada AFC Executive Committee untuk menolak rencana Liga Premier tersebut. Hammam juga menyerukan agar semua negara anggota AFC lebih baik membenahi liga domestiknya daripada menjadi  tuan rumah bagi kompetisi negara benua lain yang tak melakukan pertandingan eksibisi.

"Klub-klub dan timnas negara asing boleh datang dan bermain di Asia selama mereka memberikan kontribusi besar untuk mengembangkan sepakbola di wilayah yang didatangi," tegas Hammam.

Baru-baru ini, Liga Premier mengajukan proposal untuk meluncurkan "Ronde Internasional" yang akan dilakukan sepanjang musim 2010/11. Mereka akan mengadakan kompetisi di beberapa negara, termasuk yang menjadi anggota AFC, yakni Bangkok, Beijing, Hongkong, Melbourne, dan Singapura.

"Penolakan" juga datang dari Presiden UEFA, Michel Platini. Menurut pria Perancis tersebut, konsep Liga Premier melakukan pertandingan lintas negara merupakan sebuah "ide yang aneh  dan menggelikan".

Sementara itu, FIFA berencana membahas proposal Liga Premier itu pada pertemuan panitia eksekutif di Zurich, Swiss, 14 Maret mendatang. (RTR/LOU)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.