Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kroasia Vs Italia: Bojan Hodak Bicara Serangan kepada Pelatih Vatreni

KOMPAS.com - Pelatih Persib Bandung, Bojan Hodak, sudah pasti mendukung negaranya Kroasia di ajang Euro 2024. Ia membahas pandangan media Kroasia soal performa Modric dkk.

Timnas Kroasia arahan Zlatko Dalic Saat ini tengah terpuruk di Grup B Euro 2024. Luka Modric dkk menempati posisi buncit karena gagal menang dalam dua laga pembuka. 

Usai dipermak Spanyol 0-3 di Stadion Olimpiade Berlin, Kroasia hanya bisa bermain imbang 2-2 dengan Albania di Stadion Volkspark, Hamburg. 

Duel Kroasia vs Italia di Stadion Leipzig, Senin (24/6/2024) atau Selasa (25/6/2024) dini hari WIB nanti akan menjadi partai hidup mati bagi Luka Modric dkk.

Kroasia dihadapkan dengan dua kemungkinan, lolos ke 16 besar Euro 2024 atau angkat koper lebih dini dari Jerman. 

Bojan Hodak yang saat ini berada di negaranya Kroasia, turut mengamati dinamika pemberitaan media lokal. 

Koran-koran di sana menyerang pelatih Zlatko Dalic yang dinilai bertangung jawab atas hasil minor Vatreni dalam dua laga awal Grup B Euro 2024. 

Dalic disebut tak mampu melakukan regenerasi dalam skuadnya. Susunan starter Vatreni masih didominasi pemain-pemain tua. 

“Sejauh ini memang tidak bagus bagi Kroasia, jika melihat media di Kroasia seperti di koran-koran (nasional/lokal), semua menyerang pelatih timnas Kroasia,” kata Hodak. 

“Mereka meminta pemain-pemain tua digantikan pemain muda, karena pemain tua dianggap tidak bisa mengikuti laju di pertandingan,” tutur Hodak. 

Sebagai sesama pelatih, Hodak mengerti perasaan dari Dalic. Karena, dengan pemain-pemain senior tersebut dia telah meraih banyak pencapaian gemilang bersama Vatreni.

Bersama Dalic, Kroasia mampu menjadi finalis di Piala Dunia 2018 Rusia dan semifinalis di Piala Dunia 2022 Qatar. 

Dalic pun masih sangat percaya kepada nama-nama veteran seperti Modric (38 tahun), Mateo Kovacic (30), Marcelo Brozovic (31), Andrej Kramaric (33), dan Ante Budimir (32).

“Ini sulit bagi pelatih timnas karena sudah meraih segalanya bersama pemain-pemain ini, sulit untuk mengganti mereka dari tim nasional,” ujar Hodak. 

“Hal itu mungkin alasan kenapa dia masih memaksimalkan pemain-pemain senior di susunan starter,” paparnya. 

Syarat agar Kroasia bisa melaju ke 16 besar Euro 2024 sebagai runner up Grup B adalah mereka menang atas Italia sementara di tempat lain Albania gagal membekuk Spanyol.

“Kita akan lihat, dalam pekerjaan semua tergantung pada hasil,” ujar Hodak soal kiprah Dalic bersama Kroasia di Euro Euro 2024. 

https://bola.kompas.com/read/2024/06/23/20000048/kroasia-vs-italia--bojan-hodak-bicara-serangan-kepada-pelatih-vatreni

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke