Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Championship Series Tidak Ada, Format Liga 1 2024-2025 Kembali Seperti Semula

KOMPAS.com - PT Liga Indonesia Baru memastikan bahwa Liga 1 2024-2025 tidak akan memainkan ronde Championship Series. Hal ini diungkapkan oleh Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB), Ferry Paulus, dalam pertemuan di Gedung Danareksa, Jakarta, Kamis (20/6/2024).

"Championship Series sudah tidak ada," kata Paulus kepada awak media termasuk Kompas.com. "Jadi kompetisi full."

Tidak adanya Championship Series Liga 1 untuk musim mendatang bukan tanpa sebab.

Adanya agenda timnas Indonesia baik level senior maupun kelompok umur lainnya dalam beberapa bulan mendatang, membutuhkan kehadiran pemain yang bermain di klub.

"Sebenarnya bukan tidak baik, ini banyak slot kebutuhan tim nasional yang harus dipenuhi," ucap Ferry.

"Kita memberi ruang kepada tim nasional untuk bisa memanfaatkan training center yang sifatnya dibutuhkan oleh badan tim nasional, pelatih khususnya," sambung eks Direktur Olahraga Persija Jakarta itu.

"Supaya tidak ada penghentian di tengah jalan, kita sudah buat roadmap sampai 2027," jelasnya.

PT LIB berpandangan bahwa keterbatasan waktu ditambah dengan jadwal yang padat akan membuat liga sulit untuk menggelar Championship Series.

"Kalau menggunakan Championship Series lagi, maka ini akan mundur jauh. Jadi bukan tidak bagus Championship Series. Championship Series ini animonya besar," ungkap Paulus.

"Dari sisi produk sendiri mengilap, tapi kebutuhan waktunya yang tidak mencukupi sehingga mau tidak mau kita harus balik full kompetisi seperti apa yang ada di tontonan," tandasnya.

Dalam pertemuan itu LIB mengungkapkan telah membuat sinkronisasi jadwal Liga 1 dan tim nasional hingga tiga tahun mendatang.

Sinkronisasi jadwal ini memiliki tujuan agar terciptanya kepaduan tempat bagi pemain untuk  bermain di liga serta tim nasional, apabila mendapat kesempatan pemanggilan ke skuad Garuda.

Kickoff Liga 1 2024-2025 akan bergulir pada Jumat (9/8/2024) di Bandung. 

Persib Bandung yang keluar sebagai juara Championship Series Liga 1 2023-2024 akan menghadapi, juara Liga 2 PSBS Biak.

https://bola.kompas.com/read/2024/06/20/21182328/championship-series-tidak-ada-format-liga-1-2024-2025-kembali-seperti-semula

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke