Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

STY Pilih Indonesia-Korsel Segrup di Putaran 3 Kualifikasi Piala Dunia

KOMPAS.com - Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, menanggapi peluang Garuda bertemu Korea Selatan pada putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. 

Undian grup putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia dijadwalkan berlangsung di Kuala Lumpur, Malaysia, pada 27 Juni 2024.

Indonesia lolos ke babak berikutnya setelah menang 2-0 pada laga terakhir di Grup F melawan Filipina di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Selasa (11/6/2024). 

Sepasang gol dari Thom Haye dan Rizky Ridho mengantarkan Indonesia finis di peringkat kedua klasemen Grup F dengan perolehan 10 poin.

Indonesia menemani Irak yang melaju ke ronde ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia sebagai juara Grup F dengan 18 poin. 

Dari 18 tim yang lolos ke putaran ketiga, Indonesia punya peringkat FIFA terendah. Skuad Garuda saat ini menempati ranking ke-135. 

Indonesia akan bersaing dengan tim-tim yang berperingkat lebih tinggi seperti Jepang (18), Iran (20), Korea Selatan (23), Australia (24), Qatar (34), hingga Korea Utara (118). 

Sebanyak 18 negara tersebut nantinya akan diundi ke dalam tiga grup berbeda yang berisi masing-masing enam tim. 

"Peringkat Indonesia adalah yang terendah di antara 18 tim. Anda harus berharap pada sebuah keberuntungan untuk melaju ke putaran final Piala Dunia," ucap Shin Tae-yong. 

"Jika ada tiga tim yang layak bermain masuk melalui undian grup, saya pikir kami bisa mencoba untuk mencapai posisi ketiga atau keempat (klasemen grup)," tuturnya dikutip dari Yonhap News. 

"Kemudian, kami dapat mengincar babak kualifikasi keempat. Bahkan, kami memikirkan babak playoff," ucap Shin Tae-yong. 

Pelatih berusia 53 tahun itu pun berharap Indonesia dan Korea Selatan satu grup sebab ia sudah mengetahui kelemahan serta kelebihan skuad Taegeuk Warriors. 

"Kami pasti akan bertemu salah satu dari Korea Selatan, Jepang, dan Iran. Setidaknya saya tahu kelebihan dan kekurangan setiap pemain Korea Selatan ," ucap Shin Tae-yong. 

"Jadi, saya pikir mereka akan lebih baik dari tim lain. Indonesia juga akan melakukan yang terbaik," tuturnya. 

Ini merupakan kali pertama Indonesia lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia sejak format seperti sekarang ini mulai dipakai. 

Indonesia juga menjadi satu-satunya negara Asia Tenggara yang berhasil mencapai babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. 

"Saya sangat senang bisa mencatatkan sejarah baru dalam sepak bola Indonesia. Saya juga terharu saat 80.000 penonton (di GBK) meneriakkan nama saya," ucapnya. 

https://bola.kompas.com/read/2024/06/14/20104128/sty-pilih-indonesia-korsel-segrup-di-putaran-3-kualifikasi-piala-dunia

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke