Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Fakta Jelang Indonesia Vs Filipina: Hidup Mati Garuda

Laga Indonesia vs Filipina akan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan, Jakarta, Selasa (11/6/2024) malam WIB.

Perjumpaan kontra Filipina akan menjadi penentu langkah Indonesia yang berambisi melaju ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Seperti diketahui, saat ini Indonesia menempati posisi runner up Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia dengan perolehan 7 poin.

Skuad Garuda ditempel ketat Vietnam yang menguntit di posisi ketiga dengan perolehan enam poin.

Seperti diketahui, hanya dua tim teratas grup yang berhak melaju ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Tempat pertama Grup F sudah menjadi milik Irak yang menuai 15  angka.

Kompas.com merangkum 4 fakta jelang laga putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 antara timnas Indonesia vs Filipina:

1. Kans Debut Calvin Verdonk

Laga melawan Filipina akan menyajikan kesempatan melakukan debut bagi Calvin Verdonk yang baru saja disumpah sebagai WNI beberapa waktu lalu.

Pengalamannya merumput di Liga Belanda bersama NEC Nijmegen tentu akan memberi opsi alternatif bagi pelatih Shin Tae-yong.

Selain itu, pemain berposisi bek kiri itu dibutuhkan Indonesia untuk memberi kejutan kepada Filipina. Apalagi, Verdonk memiliki kemampuan menyerang dan bertahan yang baik.

2. Timnas Indonesia Unggul Catatan Rekor Pertemuan

Dikutip dari data RSSSF, sejak 1958 Indonesia tercatat sudah 29 kali bertemu Filipina. Hasilnya, skuad Garuda begitu perkasa.

Timnas Indonesia sukses meraih 23 kali kemenangan, berbanding sebuah hasil sempurna bagi Filipina. Sementara, lima laga lainnya berakhir imbang.

Salah satu hasil imbang itu muncul pada laga pertama di Kualifikasi Piala Dunia 2026, November 2023 silam. Kala itu, Indonesia membawa pulang hasil seri 1-1 dari kandang Filipina. 

3. Peluang Timnas Indonesia Masih Tebuka

Kekalahan 0-2 dari Irak pada laga sebelumnya terasa menyakitkan bagi Indonesia. Tetapi kekalahan tersebut tidak menutup kans skuad Garuda melaju ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Timnas Indonesia wajib menang atas Filipina untuk menyegel satu tiket ke putaran ketiga. Raihan kemenangan akan membuat Indonesia tak perlu menggantukan nasib kepada laga lain, yakni Irak vs Vietnam.

4. Filipina Sudah Gugur

Kekalahan dramatis 2-3 dari Vietnam di laga sebelumnya membuat Filipina dipastikan gagal lolos ke babak berikutnya.

Tim beralias The Azkals semakin terbenam di dasar klasemen Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Dari 5 laga yang telah dilewati, Neil Etheridge dkk baru mengumpulkan satu poin. Satu-satunya poin itu muncul saat menahan Indonesia 1-1 November tahun lalu.

Karena itu, saat  melawan Indonesia, Filipina diprediksi akan tampil lepas, tanpa beban.

https://bola.kompas.com/read/2024/06/11/10300088/4-fakta-jelang-indonesia-vs-filipina--hidup-mati-garuda

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke