Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Indonesia Vs Vietnam: Garuda Bersatu, Naturalisasi Membantu

KOMPAS.com – Juru racik timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memiliki keyakinan para pemain naturalisasi bisa menambah kekuatan skuad Garuda.

Timnas Indonesia bakal menjalani duel menghadapi Vietnam dalam putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Laga timnas Indonesia vs Vietnam dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026 bergulir di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK, Jakarta, pada Kamis (21/3/2024).

Shin Tae-yong memanggil sembilan pemain naturalisasi. Mereka adalah Nathan Tjoe-A-On, Sandy Walsh, Jay Idzes, Justin Hubner, Thom Haye, Marc Klok, Ivar Jenner, Ragnar Oratmangoen, dan Rafael Struick.

Nathan Tjoe-A-On, Sandy Walsh, Jay Idzes, Thom Haye, Ivar Jenner, Ragnar Oratmangoen, dan Rafael Struick tengah menjalani karier di Eropa.

Justin Hubner sejatinya juga sempat meniti karier di Eropa bersama Wolves. Namun, pemain berumur 20 tahun itu tengah dipinjamkan ke klub Jepang, Cerezo Ozaka.

Shin Tae-yong lalu mengakui bahwa pemain-pemain naturalisasi dapat menambah kekuatan timnas Indonesia karena berkarier di Eropa.

Pelatih asal Korea Selatan itu mengatakan, kehadiran pemain-pemain naturalisasi yang mentas di Eropa bakal membantu perkembangan pemain timnas Indonesia lainnya.

“Para pemain naturalisasi ini karena bermain di Eropa, tentu bakal menjadi kekuatan bagus bagi timnas Indonesia,” ujar STY.

“Dengan keberadaan mereka, tentu bakal membantu pemain-pemain lokal guna sama-sama berkembang,” ungkapnya.

Sementara itu, STY menjelskan, sejumlah nama peman yang baru dinaturalisasi seperti Nathan, Jay Idzes, Thom Haye, dan Ragnar, butuh waktu beradaptasi.

“Memang ada beberapa pemain baru dan setelah datang, mereka merasa lingkungannya berbeda,” tutur STY.

“Jadi, pasti situasi ini tidak mudah untuk mereka beradaptasi. Namun, saya percaya kepada pemain-pemain tersebut.”

“Pagi ini, kami sudah meeting dan mereka sedang berusaha agar bisa beradaptasi dengan baik di lingkungan ini,” imbuh mantan pelatih Korsel itu.

https://bola.kompas.com/read/2024/03/20/14450058/indonesia-vs-vietnam-garuda-bersatu-naturalisasi-membantu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke