Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Persib Belum Move on dari Frets Butuan, Memunculkan Empat Sosok

BANDUNG, KOMPAS.com - Persib Bandung nyatanya masih belum move on dari sosok Frets Butuan usai kehilangannya pada pertengahan musim ini di bulan November 2023 lalu. 

Frets Butuan harus mengakhiri kontraknya lebih dini di Persib karena dipindahtugaskan oleh kesatuannya sebagai TNI. 

Ia lalu pindah klub untuk bergabung dengan salah satu klub Liga 2 Malut United yang kini sedang berjuang promosi ke kasta tertinggi Liga 1.

Setelah kehilangan Frets, magis Bojan Hodak di babak kedua pun mulai luntur.

Dia tak punya sosok Frets Butuan, seorang winger sayap kanan yang punya visi bermain yang lebih direct masuk ke kotak penalti dan memberi ancaman kepada gawang lawan.

Hodak bahkan berani bertaruh dengan menyebutkan Frets adalah salah satu pemain sayap kanan terbaik saat ini di Liga Indonesia. 

Sejak awal, dia menegaskan tak mau kehilangannya, tetapi apa boleh buat tim harus merelakannya. 

"Satu hal yang pernah saya katakan sebelumnya ialah saya tidak ingin Frets pergi. Tidak ada yang ingin Frets pergi," ucap Hodak.

"Dalam lima sampai enam pertandingan sebelum dia pergi, menurut saya dia adalah pemain terbaik di tim, dan salah satu sayap kanan terbaik di Indonesia," katanya. 

Selain Frets, Persib sebenarnya juga harus kehilangan pemain lainnya. Bek kanan andalan I Putu Gede harus ke Bhayangkara FC, gelandang Levy Madinda kembali Johor Darul Ta’zim (JDT). 

Terakhir karena kebutuhan mendesak, Persib kudu meminjamkan gelandang mudanya Robi Darwis ke Dewa United demi mengembalikan Henhen Herdiana sebagai pengganti Putu. 

Namun, peran Frets-lah yang dirasa paling berpengaruh. Hodak tak punya lagi game changer sebagai senjata keduanya di paruh kedua. 

"Jadi, pada akhirnya, kehilangan dia (Frets) jadi yang berpengaruh dari perginya empat pemain (di paruh musim)," kata Hodak. 

Pelatih asal Kroasia ini sedang berusaha memunculkan pemain-pemain pengganti Frets sesuai peranny, game changer. 

Ia sudah mencoba beberapa pemain cepat dan menyerang lainnya, seperti Febri Hariyadi, Ferdiansyah, Arsan Makarin, dan yang paling terkini Ryan Kurnia. 

Visi dari permainan Ryan bisa lebih berbahaya di dalam kotak penalti dengan beberapa ancaman memenangi duel satu lawan satu. 

"Namun, saya tidak hanya berharap pada Febri (Hariyadi), kami memiliki Ferdi (Ferdiansyah), Ryan (Kurnia), dan Arsan (Makarin), semuanya di latihan terlihat bagus," ucapnya. 

"Namun, latihan dan pertandingan itu hal yang berbeda. Jadi, keempat pemain ini harus menunjukkan performa bagus di pertandingan," ucap Hodak. 

Pelatih kelahiran Zagreb ini berharap dirinya bisa menemukan suksesor dari Frets Butuan dalam beberapa pertandingan kedepan. 

Ia ingin timnya punya senjata kedua, menambah gol atau mungkin sebagai pemecah kebuntuan, berkontribusi memberikan kemenangan. 

"Jadi, saya berharap bisa menemukan dari keempat pemain ini sosok yang bisa menggantikan Frets di beberapa laga ke depan," harap Hodak. 

https://bola.kompas.com/read/2024/02/06/23000048/persib-belum-move-on-dari-frets-butuan-memunculkan-empat-sosok

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke