Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kalteng Putra Tak Hadir di Cilacap, Laga Kontra PSCS Berakhir WO

KOMPAS.com - Laga pekan ke-5 Grup D babak playoff degradasi Liga 2 2023-2024 antara PSCS Cilacap melawan Kalteng Putra di Stadion Wijayakusuma, Cilacap, Sabtu (27/1/2023) sore berakhir WO.

Hal itu disebabkan tim Kalteng Putra terpantau tidak datang ke Cilacap hingga pertandingan.

Ketidakhadiran tim tamu dikonfirmasi langsung oleh Ketua Panpel PSCS, Theodorus Danang Prahappyta.

"Sampai jelang pertandingan, tim tamu Kalteng Putra belum hadir di Cilacap. Yang terkonfirmasi sama LOC," ucap pria yang biasa disapa Danang itu kepada Kompas.com.

"Kan tugasnya Panpel menjemput tim tamu. Sampai saat ini, belum ada konfirmasi dari manajemen yang dihubungi panitia," katanya.

Panpel sudah berinisiatif untuk membangun komunikasi dengan Kalteng Putra. Namun, pihak manajemen tidak memberikan jawaban.

Akhirnya seluruh kegiatan pra-pertandingan tetap dilakukan tanpa kehadiran Kalteng Putra.

"Tadi sudah dilaksanakan Match Coordination Meeting (MSM) mereka tidak hadir, uji coba lapangan juga tidak hadir, termasuk preskon tidak hadir juga," kata Theodorus Danang melanjutkan.

"Tidak ada konfirmasi mengenai kedatangan Panpel sudah menghubungi dan tidak ada jawaban dari Kalteng Putera," katanya.

Masalah ini merupakan puncak dari polemik keterlambatan gaji yang menyebabkan friksi antara pemain dan manajemen Kalteng Putra.

Sebelum laga pekan keempat babak playoff degradasi Liga 2 melawan Persipura lalu, 23 pemain Kalteng melakukan somasi terhadap manajemen karena keterlambatan gaji.

Dalam surat pernyataan, pemain sudah mengancam mogok main jika manajemen tidak segera memenuhi hak mereka yang sudah terlambat dua bulan dan ada yang empat bulan.

Pada akhirnya, pada hari H para pemain tetap bertanding melawan Persipura Jayapura setelah dijanjikan pembayaran gaji setelah laga. Namun, hingga waktu yang ditentukan janji tersebut tidak dipenuhi.

Ketidakjelasan ini membuat pemain sepakat untuk tidak melanjutkan sisa pertandingan Kalteng Putra. Beberapa pemain bahkan sudah pulang kampung ke rumah masing-masing.

Sementara itu, manajemen Kalteng Putra secara resmi melaporkan 23 pemainnya ke pihak yang berwajib dengan tuduhan pencemaran nama baik.

Manajemen tidak terima dengan postingan serempak di media sosial 23 pemain yang menyebut klub tidak membayar gaji mereka selama dua bulan. Padahal, manajemen merasa tunggakan gaji pemain baru berjalan 15 hari dan mereka berani mempertanggungjawabkan dengan bukti.

Manajemen merasa dirugikan karena membuat citra Kalteng Putra di media sosial menjadi tercemar. Kasus ini sudah ditangani oleh Reserse Kriminal Khusus (Reskrimsus) Polda Kalteng.

Dengan kondisi ini, Danang mengatakan akan tetap melaksanakan pertandingan sesuai dengan regulasi. Kemudian akan menghentikannya juga dengan sesuai regulasi terkait ketidakhadiran tim lawan.

"Pertandingan untuk besok tetap jalan sampai FIFA anthem dan match com yang akan membuat laporan kepada LIB," tutur Theodorus Danang.

"Jadi, semua persiapan kita jalankan seperti pertandingan normal," katanya.

https://bola.kompas.com/read/2024/01/27/15291718/kalteng-putra-tak-hadir-di-cilacap-laga-kontra-pscs-berakhir-wo

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke