Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Persib Luncurkan Jersey Edisi Spesial Ultah Ke-105, Plus Sertifikat hingga Tiket Laga

BANDUNG, KOMPAS.com - Persib Bandung merilis jersey special edition persembahan hari jadi Persib yang ke-105 pada tahun 2024 ini di Festival We Are Persib. 

Seperti diberitakan sebelumnya, hari jadi Persib berubah dari 14 Maret 1933 menjadi 5 Januari 1919 setelah Penelitian Hari Jadi Persib dilakukan oleh Fakultas Ilmu Budaya Universitas Padjadjaran (FIB Unpad) tahun 2023 lalu. 

Sesuai dengan hari jadinya tahun ini, Jersey Persib edisi spesial 105 tahun tersebut menembus harga Rp 1.050.000, sudah mulai dijual saat momen Festival We Are Persib, Jumat (5/2/2024) di GOR C-Tra Arena, Bandung.

Dengan harga tersebut, pembeli sudah bisa mendapatkan jersey Persib edisi spesial 105 bersertifikat dan merchandise lainnya seperti tote bag, topi, dan tiket kandang Persib Bandung vs Persis Solo dalam laga pekan ke-24 Liga 1 2023-2024 pada 4 Februari mendatang. 

Festival We Are Persib menjadi momen bos Persib Bandung Glenn T Sugita menyampaikan hal penting soal pergantian hari jadi tim kebanggaan Bobotoh menjadi 5 Januari 1919.

Itu berdasarkan embrio Persib yang semula bernama Bandung Inlandsche Voetbal Bond (BIVB) adalah perserikatan sepak bola pribumi pertama di Bandung yang didirikan oleh 13 klub. 

BIVB kemudian melakukan fusi (penyatuan) dengan perserikatan sepak bola pribumi lainnya yang eksis di Bandung sejak tahun 1922, yakni National Voetball Bond (NVB). 

Momen fusi akhirnya terjalin pada 18 Maret 1934, dengan kesepakatan nama bernama Persib. 

Walaupun nama Persib baru hadir di pemberitaan media tahun 1934, tetapi hal tersebut adalah bagian dari historis. 

Karena secara asal-usul atau titimangsa, klub ini sudah lahir sejak tahun 1919.

"Hasil riset, tim peneliti menemukan beberapa titimangsa yang menjadi opsi hari jadi Persib. Namun, data yang dianggap kuat sebagai cikal bakal embrio Persib adalah di tanggal 5 Januari 1919," kata Glenn yang merupakan CEO PT Persib Bandung Bermartabat (PBB). 

Ia lalu menambahkan penelitian ini dirasa harus dilakukan untuk membuka fakta atau temuan sejarah demi meluruskan hal yang selama ini diragukan atau tidak bisa dipertanggungjawabkan. 

“Mau tanggal berapa pun hari lahir Persib, sebenarnya kami tidak ada masalah, tetapi penelitian ini perlu dilakukan karena kami ingin meluruskan dan mencari kebenaran sejarah hari lahir Persib," katanya. 

https://bola.kompas.com/read/2024/01/06/08275048/persib-luncurkan-jersey-edisi-spesial-ultah-ke-105-plus-sertifikat-hingga-tiket

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke