Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Piala Dunia U17: Venezuela Vs Selandia Baru, Cara La Vinotinto Maksimalkan Blunder

BANDUNG, KOMPAS.com - Timnas Venezuela mampu mengatasi perlawanan Selandia Baru dalam pertandingan pertama Grup F Piala Dunia U17 2023 Indonesia. 

Hasil Venezuela vs Selandia Baru berakhir dengan skor 3-0, Minggu (12/11/2023) di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung. 

Jalannya pertandingan Selandia Baru sebenarnya mengambil inisiatif serangan lebih dulu beberapa peluang diciptakan salah satunya lewat tendangan first time Matt Dhotman. 

Namun, Venezuela justu mencuri gol lebih dulu menit 29 lewat sepakan terukur David Martinez memanfaatkan blunder kesalahan penjaga gawang Matt Foord yang meninggalkan sarangnya.

Pada babak kedua, Venezuela semakin gencar melakukan serangan. Sebaliknya, Selandia Baru tampak keteteran dengan fisik staminanya. Mereka tampak sulit keluar dari tekanan. 

Antiklimaks bagi The All Whites—julukan Timnas Selandia Baru—memasuki menit 87 Leenhan Romero berhasil menggandakan keunggulan setelah berhadapan satu lawan satu dengan kiper. 

Pada masa injury time, Romero kembali mencetak gol lewat tendangan placing yang cukup akurat. 

Pelatih Venezuela Ricardo Valino mengaku sempat kesulitan pada 15 menit awal pertandingan. Anak-anak asuhnya mulai mendapatkan ritme yang diinginkan ketika lawan membuat beberapa kesalahan. 

"Kami sempat kesulitan di 15 menit pertama karena mereka bermain dengan solid. Namun, setelah itu kami bisa membuat situasi dan menemukan solusi untuk meraih kemenangan," kata Valino. 

Pelatih asal Argentina itu memberi apresiasi kepada pencetak brace Leenhan Romero, yang sangat penting karena timnya sempat deadlock di babak kedua. 

"Romero memberi kontribusi yang bagus di pertandingan ini bukan hanya dua gol, tetapi juga untuk kemenangan tim," tuturnya. 

Sementara itu, pelatih Selandia Baru Martin Bullock menilai pemainnya terkejut dengan apa yang terjadi dalam pertandingan. 

Ia harus menganalisis laga tersebut untuk memberikan evaluasi menjelang laga kedua melawan tim tangguh Jerman. 

"Kami seperti terkejut, kami mencoba meraih hasil terbaik, tetapi itu tidak bisa didapatkan hari ini. Mengenai apa yang salah, kami harus menyaksikan lagi video dan mencari tahu apa yang salah," katanya. 

"Terpenting adalah anak-anak bisa bangkit dan fokus ke laga di depan. Jadi, kami tidak bisa menyalahkan pemain dan meminta mereka untuk menikmati pengalaman turnamen ini," tuturnya. 

https://bola.kompas.com/read/2023/11/12/20450088/piala-dunia-u17--venezuela-vs-selandia-baru-cara-la-vinotinto-maksimalkan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke