Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hasil Ukraina Vs Inggris 1-1: Maguire Starter, Walker Gol Perdana, Three Lions Tertahan

KOMPAS.com - Inggris bermain seri 1-1 saat menghadapi Ukraina di Wroclaw, Polandia, untuk laga Grup C Kualifikasi Piala Eropa 2024 pada Sabtu (9/9/2023) malam WIB.

Pertandingan kualifikasi tersebut diwarnai oleh gol pembuka dari pemain Arsenal, Oleksandr Zinchenko (26'), sebelum bek Manchester City, Kyle Walker, membalas (41').

Hasil 1-1 membuat start sempurna Timnas Inggris di Grup C berhenti. Namun, pasukan Gareth Southgate masih memimpin klasemen dengan torehan 13 angka dari 5 laga dan mencatatkan agregat gol +14.

Line Up Pertandingan

Gareth Southgate secara mengejutkan memainkan Harry Maguire, yang belum pernah main bagi Manchester United di Premier League musim ini, untuk menemani bek Crystal Palace, Marc Guehi, di tengah pertahanan Timnas Inggris.

Three Lions memainkan dua pemain masing-masing berbanderol 100 juta pound di lapangan tengah, Declan Rice dan Jude Bellingham.

Sementara, Ukraina dilatih oleh eks bintang Dynamo Kyiv dan Tottenham Hotspur, Serhiy Rebrov.

Beberapa pemain bintang Ukraina yang turun malam ini adalah bek Arsenal Oleksandr Zinchenko serta penyerang Chelsea, Mykhailo Mudrik.

JALANNYA LAGA UKRAINA vs INGGRIS

Inggris menguasai jalannya laga pada 10 menit pertama. Three Lions bahkan menorehkan hingga 94 persen penguasaan bola pada periode waktu tersebut.

Namun, Jordan Henderson cs justru tertinggal lebih dulu dari pasukan Kuning-Biru ini.

Oleksandr Zinchenko mencetak gol pada menit ke-26 memanfaatkan umpan silang datar Yukym Konoplya yang melakukan overlap dari sisi kanan.

Ini adalah gol pertama yang menembus gawang timnas Inggris dalam lima setengah jam laga.

Ini juga kali pertama Timnas Inggris berada dalam posisi tertinggal pada sebuah laga kualifikasi menuju turnamen besar selama dua tahun terakhir.

Inggris baru membalas empat menit sebelum turun minum.

Gol bermula dari umpan lambung akurat jarak jauh Harry Kane yang menemukan Kyle Walker.

Sang bek kanan mengontrol bola dengan impresif dan menjebol gawang lawan. Gol tersebut menjadi yang pertama bagi Walker dalam 77 penampilan membela Three Lions.

Ini adalah jumlah penampilan terlama bagi seorang pemain untuk mendapatkan gol pertamanya bersama timnas Three Lions.

Babak pertama pun berakhir 1-1 walau Inggris menguasai 70 persen penguasaan bola dengan akurasi umpan 93 persen.

BABAK KEDUA

Gareth Southgate tampak meminta anak asuhnya bermain dengan tempo lebih cepat pada babak kedua.

Pergantian inisiatif ini hampir berbuah setelah Inggris hampir memimpin berkat tembakan Bukayo Saka yang memotong dari sisi kanan.

Sayang, tembakan pemain Arsenal tersebut pada menit ke-60 membentur mistar gawang.

Southgate kemudian memasukkan Phil Foden dan Marcus Rashford untuk Bellingham serta Maddison pada menit ke-65.

Namun, pergantian-pergantian tersebut gagal mengangkat performa lini depan Inggris.

Di sisi lain, Ukraina juga belum bisa mengancam terlalu banyak dari serangan balik.

Tak ada gol tersisa dan laga berakhir 1-1 dengan para pemain dan fans Ukraina merayakan hasil pertandingan seperti sebuah kemenangan.

UKRAINA (4-2-3-1): 1-Bushchan, 2-Konoplya, 22-Matviienko (4-Kryvtsov 46'), 10-Mudryk, 16-Mykolenko, 6-Stepanenko, 8-Sudakov (5-Sydorchuk 65'), 15-Tsygankov, 9-Yaremchuk (11-Dovbyk 65'), 13-Zabarnyi,17-Zinchenko (14-Buyalskyi 76').

INGGRIS (4-3-3): 1-Pickford, 2-Walker, 6-Maguire, 5-Guehi, 3-Chilwell, 4-Rice, 10-Bellingham (20-Foden 65'), 11-Maddison (19-Rashford 65'), 8-Henderson, 7-Saka (21-Gallagher 86'), 9-Kane.

https://bola.kompas.com/read/2023/09/10/00583078/hasil-ukraina-vs-inggris-1-1-maguire-starter-walker-gol-perdana-three-lions

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke