Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Piala Dunia 2022: Kamerun Tak Gentar Hadapi Brasil

KOMPAS.com - Vincent Aboubakar adalah pahlawan sepak bola di negaranya, Kamerun.

Menyandang ban kapten di lengannya, Aboubakar siap menghadapi tantangan berat dalam Piala Dunia Qatar 2022.

Sejak melakoni debut internasional pada 2010, Aboubakar telah banyak menghadapi momen sulit maupun menakjubkan dalam kariernya. 

Piala Dunia 2010 menjadi pengalaman pertamanya dalam ajang akbar itu. Kemudian, performanya mengecewakan di Brasil pada 2014.

Pada level yang lebih rendah dari Piala Dunia, dia menjuarai Piala AFCON 2017 serta meraih tempat ketiga AFCON 2021 bersama dengan gelar top skor setelah mencetak delapan gol.

Dua belas tahun setelah debutnya, Aboubakar kembali akan menjalani Piala Dunia 2022.

Menurutnya, Kamerun tergabung dalam grup yang tergolong berat bersama Brasil, Swiss dan Serbia.

"Piala Dunia adalah kompetisi yang indah dan emosional," ujar kapten Timnas Kamerun tersebut, dikutip dari FIFA.

Walaupun tergabung dalam grup berat, termasuk Brasil sebagai penantang kuat juara, Aboubakar mengatakan bahwa Kamerun siap menghadapinya.

"Kami tidak akan takut dengan Brasil karena Brasil yang sekarang bukan yang dulu," komentar Aboubakar tentang skuad Selecao, julukan Brasil, saat ini.

"Benar bahwa mereka memiliki pemain-pemain berkualitas, tapi kalian memerlukan skuad yang kompak untuk bisa melaju jauh di turnamen. Tim dengan pemain bintang tanpa kekompakan tidak berarti apa apa," tambah Aboubakar.

Meskipun begitu, Aboubakar tetap mewaspadai skuad Brasil sebagai salah satu unggulan pada turnamen ini, lengkap dengan pemain-pemain terbaiknya.

"Tanpa keraguan, mereka akan kembali dengan semangat tinggi, dan mereka mempunyai pemain-pemain yang sudah mulai dewasa, haus akan gelar juara," ucap Aboubakar.

Mengenai persiapan Kamerun menghadapi Piala Dunia 2022, Aboubakar berharap bahwa timnya bisa membawa kekuatan 100 persen ke Qatar.

"Kami harus datang ke Piala Dunia dengan kondisi terbaik -semoga tanpa adanya cedera- dan bersiap dengan baik," ungkap sang kapten.

"Kami tidak peduli Brasil akan bagaimana, kami hanya fokus pada tim kami sendiri dan para pelatih akan memastikan kami akan berada pada kondisi terbaik menjelang turnamen."

Kepercayaan diri Aboubakar terhadap timnya bukan tanpa alasan. Di tingkat benua Africa, Kamerun berhasil mendapatkan tempat ketiga Piala AFCON 2021 usai mengalahkan Burkina Faso.

Aboubakar meraih titel top skor dan didapuk menjadi Pemain Terbaik Piala AFCON 2021.

Prestasi ini adalah pencapaian terbaiknya secara pribadi selama karier di pentas internasional.

"Kami juga adalah tim besar, mewakili negara besar dan kami percaya bisa melaju jauh di turnamen tersebut," ucap Aboubakar.

"Tim-tim terbaik di dunia akan bermain di turnamen ini, dan kami harus mempersiapkan diri dengan baik untuk bisa bersaing," tutur Aboubakar.

Piala Dunia 2022 menjadi ajang kembalinya Timnas Kamerun berlaga di ajang tertinggi dunia.

Sebelumnya, Kamerun absen dari Piala Dunia 2018 di Rusia, walaupun menyandang status juara Benua Afrika pada 2017.

https://bola.kompas.com/read/2022/09/20/22000058/piala-dunia-2022--kamerun-tak-gentar-hadapi-brasil

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke