Salin Artikel

Profil Tyrell Malacia, Bek Idaman Erik ten Hag di Man United

KOMPAS.com - Manchester United di ambang menyelesaikan transfer pertama mereka pada bursa transfer perdana Erik ten Hag. Berikut adalah profil Tyrell Malacia.

Bek kiri Feyenoord Rotterdam, Tyrell Malacia, sedarinya siap menuntaskan transfer ke kubu Liga Perancis, Olympique Lyon.

Akan tetapi, Manchester Urited dan Erik ten Hag membajak transfer pemain berusia 22 tahun tersebut dengan tawaran 15 juta euro plus fee tambahan senilai 2 juta euro pada Selasa (27/6/2022).

Menurut pakar transfer Eropa, Fabrizio Romano, Direktur Olahraga Feyenoord, Frank Arnesen, sudah menerima tawaran Manchester United dan langkah berikut ada di tangan sang pemain.

Romano mengutarakan, transfer akan segera terwujud apabila Malacia sepakat pindah ke kubu Old Trafford.

Tyrell Malacia sendiri telah lama menjadi bidikan Erik ten Hag setelah ia memesona sang pelatih ketika Feyenoord menghadapi Ajax Amsterdam di ajang Liga Belanda.

Ten Hag bahkan pernah mengutarakan kekagumannya terhadap Malacia beberapa waktu lalu saat sng bek dikaitkan dengan transfer ke Ajax.

"Kami berpikir bahwa ia betul pemain bagus," tutur Ten Hag seperti dikutip dari Manchester Evening News.

"Transfer Malacia bukan masalah bagi kami. Jika diperlukan, kami punya daftar bayangan. Apakah Malacia ada di daftar tersebut? Kami tak akan beritahu Anda."

Tyrell Malacia sendiri merupakan bek kiri kelahiran Rotterdam, 17 Agustus 1999.

Ia merupakan produk akademi asli Feyenoord dengan orang tua dari Curacao dan Suriname.

Malacia bergabung dengan akademi Feyenoord pada umur 9 tahun dan menandatangani kontrak profesional pertama Desember 2015.

Pemilik nomor punggung lima di Feyenoord tersebut melakoni debutnya pada laga Liga Champions kontra Napoli, 6 Desember 2017.

Ia telah mengoleksi 136 penampilan di semua kompetisi bagi Feyenoord sejak itu, mencetak empat gol.

Dirinya juga menjadi komponen penting dari tim Feyenoord yang melaju hingga final UEFA Conference League.

"Tyrell adalah fan Marcelo dan David Alaba, full back yang bisa bertahan dan meneyrang," ujar pelatih Feyenoord, Arne Slot, di situs resmi UEFA beberapa waktu lalu.

"Ia merupakan pemain yang kuat sebagai bek tetapi Anda bisa lihat ia dapat melakukan permainan progresif juga dengan bola."

Secara fisik, Malacia punya fisik mungil tipikal seorang bek sayap lincah. Ia tercatat memiliki tinggi hanya 169 cm dan berat 67 kg.

Bandingkan dengan kedua bek Man United kini, Luke Shaw (185 cm/75kg) dan ALex Telles (181 cm/67 kg).

Malacia punya salah satu statistik menyerang terbaik bagi seorang bek sayap di Liga Belanda musim lalu.

Ia sangat doyan mendukung serangan dan memainkan bola-bola progresif dan agresif di area penyerangan lawan.

Ia juga membukukan jumlah operan terbanyak kedua di sepertiga serangan akhir, jumlah tekel ketiga terbanyak, dan jumlah sentuhan ketiga terbanyak di kotak penalti.

Penampilan-penampilan apiknya ini membuat sang pemain juga dipanggil ke timnas senior Belanda setelah mencatatkan penampiulan di semua level umur junior.

Malacia melakukan debutnya saat menghadapi Montenegro pada September 2021 dan telah membukukan dua assist bagi Oranje.

https://bola.kompas.com/read/2022/06/30/07000098/profil-tyrell-malacia-bek-idaman-erik-ten-hag-di-man-united

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.