Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kata Ralf Rangnick soal Keunggulan Liverpool: Mereka Punya 25 Mobil Formula 1!

KOMPAS.com - Pelatih interim Manchester United, Ralf Rangnick, tak segan mengutarakan keunggulan yang dimiliki Liverpool atas timnya.

Ralf Rangnick menggambarkan keunggulan Liverpool dengan menyebut bahwa skuad asuhan Juergen Klopp itu memiliki 25 mobil balap Formula 1.

Melalui gambaran tersebut, Ralf Rangnick ingin mengutarakan bahwa Liverpool kini sudah unggul jauh di depan Man United.

Keunggulan Liverpool atas Man United tercermin lewat hasil pertandingan pada lanjutan Premier League, kasta tertinggi Liga Inggris, musim 2021-2022.

Liverpool dijadwalkan menjamu Man United di Stadion Anfield pada Rabu (20/4/2022) dini hari WIB.

Dalam laga tersebut, Liverpool yang tengah bersaing di papan atas klasemen Liga Inggris, sudah membuka keunggulan pada menit kelima lewat aksi Luis Diaz.

Ralf Rangnick menyebut, gol pertama Liverpool langsung memengaruhi kepercayaan diri para pemain Man United.

"Tertinggal 0-1, itu memengaruhi tingkat kepercayaan diri kami," kata Ralf Rangnick seusai laga kontra Liverpool, dikutip dari Manchester Evening News.

Ketika kepercayaan diri para pemain Man United goyah, Liverpool sukses memaksimalkan momentum.

Mereka tak membiarkan Bruno Fernandes dkk berkembang hingga mengakhiri laga dengan kemenangan 4-0.

Adapun tiga gol tambahan untuk Liverpool dicetak oleh Mohamed Salah (22', 85') dan Sadio Mane (68').

Hasil ini sekaligus menegaskan keunggulan Liverpool atas Man United pada Liga Inggris musim 2021-2022.

Sebelumnya, Liverpool berhasil memetik kemenangan 5-0 atas Man United pada pertemuan pertama di Stadion Old Trafford, 24 Oktober 2021.

Dengan demikian, secara keseluruhan, Man United kalah agregat 0-9 dari Liverpool dalam dua pertemaun di Liga Inggris musim ini.

Ralf Rangnick kemudian menyebut bahwa kekalahan 0-4 pada pertemuan kedua musim ini sangatlah memalukan bagi Man United.

"Ini memalukan, mengecewakan, bahkan membuat kami merasa terhina," ujar Ralf Rangnick, dikutip dari BBC.

Sambil dilanda rasa malu, Rangnick tak segan mengakui keunggulan Liverpool yang dinilai telah melangkah jauh di depan Man United.

Menurut Rangnick, Liverpool mulai menunjukkan peningkatan setelah Juergen Klopp mengambil alih kursi kepelatihan dari Brendan Rodgers pada awal musim 2015-2016.

Rangnick menilai Juergen Klopp memiliki kejelian dalam merekrut pemain pada setiap jendela transfer.

Ketepatan Juergen Klopp dalam merekrut pemain itulah yang kemudian membuat Liverpool menjadi tim tangguh seperti sekarang, baik di pentas domestik maupun Eropa.

Dalam enam tahun tahun terakhir, Juergen Klopp dinilai sukses membangun kekuatan Liverpool setelah sempat terseok-seok pada awal masa pengabdiannya.

"Juergen datang enam tahun lalu dan jika Anda membandingkan skuad yang dia warisi, dia datang setelah delapan atau sembilan pertandingan dan finis di urutan kedelapan, ini adalah lingkaran di mana kami berada saat ini," ucap Ralf Rangnick.

"Dia memiliki rata-rata 1,6 poin pada musim itu (2015-2016), tetapi pada setiap jendela transfer setelahnya, mereka membangun jenis skuad yang kita lihat sekarang," imbuhnya.

Rangnick kemudian berusaha menunjukkan kekuatan Liverpool dengan kedalaman skuad yang dimiliki Juergen Klopp. 

"Lihatlah bangku cadangan mereka, lihat empat pemain yang bahkan tidak ada dalam skuad, Roberto Firmino adalah satu-satunya yang cedera. Oxlade-Chamberlain tidak ada di skuad, Takumi Minamino tidak ada di skuad, Harvey Elliott tidak ada di skuad," kata Ralf Rangnick.

"Ini menunjukkan kualitas dan tim seperti apa yang mereka bangun bersama Juergen Klopp selama enam tahun terakhir," tutur pelatih asal Jerman tersebut.

Lalu, sebagai kalimat pamungkas di tengah pengakuannya terhadap keunggulan Liverpool, Ralf Rangnick mengatakan bahwa skuad asuhan Juergen Klopp seperti memiliki 25 mobil balap Formula 1.

Berkat keberadaan 25 mobil Formula 1 itu, Liverpool menjelma sebagai salah satu klub unggulan hingga pangung Eropa dan meninggalkan Man United jauh di belakang.

"Ini bukan hanya soal kualitas pemain, tetapi mentalitas seperti apa yang mereka miliki, seperti apa energi dan fisik jika dibandingkan dengan kecepatan tinggi," tutur Ralf Rangnick.

"Saya akan mengatakan mereka memiliki 25 mobil Formula 1 di skuad mereka."

Setelah kalah telak dari Liverpool, Man United akan kembali bersua lawan tangguh dalam dua laga beruntun, yakni Arsenal dan Chelsea.

Kedua pertandingan tersebut menjadi krusial bagi Man United yang tengah berjuang finis di empat besar klasemen Liga Inggris.

Sementara itu, Liverpool kini berada di puncak klasemen dan akan melanjutkan persaingan dengan Manchester City. 

Terdekat, Liverpool dijadwalkan melawan Everton di Stadion Anfield pada Minggu (24/4/2022) malam WIB.

Di samping itu, anak-anak asuh Juergen Klopp juga masih akan berjuang pada ajang Piala FA dan Liga Champions. Mereka berpotensi meraih quadruple atau empat gelar dalam satu musim.

Sebelum ini, Liverpool telah mengamankan gelar juara Piala Liga Inggris seusai menang atas Chelsea pada partai puncak, 27 Februari 2022.

https://bola.kompas.com/read/2022/04/20/17200088/kata-ralf-rangnick-soal-keunggulan-liverpool--mereka-punya-25-mobil-formula-1-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke