Salin Artikel

Perkataan Petinggi Man United yang Bikin Gary Neville Murka dan Fans Merasa Dimanipulasi

KOMPAS.com - Video CEO Media Manchester United Phil Lynch mengundang amarah dari Gary Neville dan beberapa bagian suporter Setan Merah pada medio pekan ini.

Video tersebut diunggah oleh akun SportsPro Influencers pada 1 November lalu dan sudah ditonton sebanyak 1 juta kali.

Di video tersebut, Lynch memberikan pandangan langka tentang bagaimana Man United memandang dan menangani media sosial para pemain mereka.

"Saya pikir ini adalah upaya untuk memahami apa yang mereka coba sampaikan dan kami di sini untuk membantu mendukung narasi tersebut," tutur Lynch.

"Bagaimana kami bisa bekerja bersama mereka? Kami menarik grafik sentimen fans di media sosial untuk setiap pemain kami."

"Kami menghabiskan banyak waktu untuk memonitor media sosial dan kami bekerja dengan setiap pemain secara individu."

Pernyataan ini mengundang reaksi keras dari Neville yang mengatakan bahwa ini adalah bentuk rekayasa sosial.

"Video ini bencana bagi para pemain," ujarnya. "Seorang pegawai senior klub mengatakan kepada publik kalau klub dan tim media sosial para pemain berupaya mengontrol fans mereka sendiri adalah rekayasa sosial dan bukan nasihat komunikasi."

Salah satu komentar yang membalas unggahan Neville datang dari Miguel Delaney, reporter olahraga senior di media asal London, The Independent.

"Aksi ini seperti mencoba memengaruhi polling opini dalam sebuah pemilihan umum," cuitnya. "Namun, keindahan sepak bola adalah mereka tak bisa lari dari hasil di lapangan atau performa yang ditunjukkan."

Penulis Manchester Evening News Steven Railston juga setuju dengan penilaian kalau penggunaan media sosial seperti ini bukanlah cara tepat bagi Man United dan keluarga Glazers untuk menjalin hubungan baik dengan para fans.

"Neville benar untuk mengkritik strategi ini. Tim Ole Gunnar Solskjaer bermain di bawah standar mereka musim ini dan unggahan media sosial setelah laga-laga membosankan," tulisnya.

"Ketika para pemain menulis di media sosial setelah hasil-hasil memalukan, seperti melawan Liverpool dan Manchester City, misalnya, mereka justru memperkeruh amarah suporter yang bisa melihat langsung di balik pesan tersebut."

Bek termahal dunia tersebut menjadi salah satu pemain yang mendapat kritik terbesar musim ini.

Hingga Rabu (10/11/2021) pagi WIB, cuitan permintaan maaf Maguire setelah kekalahan di Derbi Manchester mendapat 12,9 ribu balasan dan 16,7 ribu likes dengan mayoritas mengkritik pesan yang sang kapten sampaikan.

"Ini bukan kepemimpinan. Ini copy dan paste," tulis presenter The United Stand, salah satu kanal fans Man United terbesar di YouTube, Mark Goldbridge di balasan cuitan tersebut.

Beberapa pengamat bahkan mengatakan sudah waktunya bagi Solskjaer untuk mencabut ban kapten dari lengan sang pemain.

"Permintaan maaf setelah laga menyedihkan dan sekarang waktu untuk reaksi sesungguhnya dari para pemain di dalam lapangan," tulis Railston mengakhiri artikelnya.

https://bola.kompas.com/read/2021/11/10/07400068/perkataan-petinggi-man-united-yang-bikin-gary-neville-murka-dan-fans-merasa

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.