Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ronaldo Lengserkan Messi dari Daftar Pemain dengan Penghasilan Tertinggi di Dunia

Majalah bisnis dan keuangan ternama di Amerika Serikat, Forbes, yang merilis perihal tersebut. Dalam daftar terbaru, Forbes menempatkan Ronaldo di posisi teratas dalam daftar 10 pesepak bola dengan bayaran tertinggi di dunia.

Penyerang Manchester United ini mengungguli tiga bintang PSG, Messi, Neymar dan Kylian Mbappe, yang berturut-turut ada di peringkat kedua, ketiga dan keempat.

Ronaldo meraup total 125 juta dollar AS (sekitar Rp 1,78 triliun). Sementara itu, Messi "cuma" mendapat 110 juta dollar AS (sekitar Rp 1,57 triliun).

Sepeluh pemain yang ada di dalam daftar tersebut, secara kolektif meraup 585 juta dollar AS (sekitar Rp 8,33 triliun) sebelum dipotong pajak pada musim ini. Nominal tersebut meningkat dibandingkan tahun lalu yang "hanya" 570 juta dollar AS (sekitar Rp 8,12 triliun).

Sebenarnya, bukan hal yang mengejutkan bila Ronaldo dan Messi ada di posisi teratas. Tetapi, berita besar dari rilis tersebut adalah bahwa Ronaldo kembali ke posisi teratas setelah Messi terlibat dalam transfer penuh gejolak dari Barcelona ke PSG.

Ya, Messi akhirnya memutuskan hengkang ke Parc des Princes, markas PSG, pada bursa transfer musim panas tahun ini. Dia rela mengakhiri kebersamaannya selama 21 tahun dengan Barcelona.

Saat Messi pergi dari Camp Nou, Ronaldo justru membuat kejutan yang sangat emosional dengan kembali ke Old Trafford. Pemain dengan julukan CR7 tersebut kembali ke pangkuan klub yang membesarkan namanya, Manchester United, setelah berpisah selama sekitar 12 tahun.

Ronaldo meninggalkan Manchester United pada musim panas 2009 untuk bergabung dengan Real Madrid hingga 2018, lalu pindah ke Juventus. Dia merumput di Stadion Allianz hanya selama tiga musim sebelum kembali ke Manchester United.

Dalam menyusun daftar tersebut, Forbes juga berbicara dengan klub, agen dan sponsor merek para pemain untuk menghasilkan data yang lebih akurat.

Meski demikian, biaya transfer tidak termasuk di dalamnya. Penghasilan ini hanya meliputi gaji pemain untuk musim 2021-2022 serta bonus kontrak dan pendapatan dari iklan.

Secara umum, 10 pemain di dalam daftar ini masih sama seperti tahun lalu. Hanya dua pemain yang terlempar dari daftar ini yakni Antoine Griezmann (Atletico Madrid) yang tahun lalu ada di di posisi ketujuh dan kiper Manchester United, David de Gea (urutan 10).

Berikut ini daftar 10 pesepak bola dengan penghasilan tertinggi di dunia versi Forbes:

Umur: 36 tahun
Total penghasilan: 125 juta dollar AS (sekitar Rp 1,78 triliun)

Meski usia sudah kepala tiga, Ronaldo tetap memperlihatkan sinarnya sebagai pemain bintang. Tak cuma di lapangan hijau, dari sisi komersial pun Ronaldo tetap subur.

Nyatanya, penyerang internasional Portugal ini merupakan pemain paling populer di dunia, setidaknya dalam hal pengikut di media sosial Facebook, Instagram dan Twitter. Dia memiliki lebih dari setengah miliar pengikut di seluruh dunia.

Keputusannya kembali ke Old Trafford membuat Ronaldo menerima gaji bersih sebesar 70 juta dollar AS (sekitar Rp 996,940 miliar), ditambah penghasilan dari kemitraan komersial dengan merek-merek seperti Nike, Herbalife dan sampo Clear serta kemasan merek CR7 miliknya, mulai dari celana dalam hingga hotel.

Hanya tiga olahragawan aktif yang penghasilan komersialnya lebih besar dari Ronaldo, yakni Roger Federer (90 juta dollar AS), LeBron James (65 juta dollar AS) dan Tiger Woods (60 juta dollas AS).

Umur: 34 tahun
Total penghasilan: 110 juta dollar AS (sekitar Rp 1,57 triliun)

Tahun lalu, Lionel Messi menempati peringkat teratas daftar serupa. Tahun ini, dia harus turun ke peringkat kedua karena kisah transfernya yang berbelit-belit.

Gaji Messi selama di Barcelona terbilang sangat besar. Hal ini pula yang memicu "kemelut" di dalam tubuh tim tersebut yang berujung keputusan Messi hengkang dari klub masa kecilnya tersebut.

Pindah ke PSG, Messi rela gajinya dipotong dengan jumlah yang cukup signifikan. Meski demikian, pemain internasional Argentina tersebut masih menerima gaji sebesar 75 juta dollar AS (sekitar Rp 1,1 triliun), ditambah 35 juta dollar AS (sekitar Rp 498,47 miliar) dari dukungan iklan Adidas, Pepsi dan merek lainnya.

Umur: 29 tahun
Total penghasilan: 95 juta dollar AS (sekitar Rp 1,35 triliun)

Sama seperti tahun lalu, Neymar masih konsisten di peringkat ketiga dalam daftar ini. Pemain internasional Brasil tersebut tampaknya akan tetap berada di dalam daftar ini setelah memperpanjang kontrak baru berdurasi empat tahun dengan PSG.

Artinya, mantan bintang Barcelona ini tetap berkostum PSG dan merumput di Ligue 1 setidaknya sampai tahun 2025.

Neymar juga merupakan atlet dengan jumlah pengikut yang banyak di media sosial dan platform lainnya. Dia memiliki 284 juta pengikut dan menempati peringkat ketiga soal atlet dengan pengikut terbanyak.

Pada November tahun lalu, Neymar menandatangani kontrak konten eksklusif dengan aplikasi berbagi video Triller.

Umur: 22 tahun
Total penghasilan: 43 juta dollar AS (sekitar Rp 612,41 miliar)

Mbappe melengkapi tiga megabintang PSG yang berada di posisi empat besar daftar ini. Dia pun menjadi pemain termuda yang ada di dalam daftar ini meski jumlah penghasilannya jauh di bawah tiga pemain di atas.

Kontrak pemain internasional Perancis tersebut dengan PSG akan habis pada akhir musim ini. Tampaknya Mbappe akan mencari tantangan baru pada musim 2022-2023 karena PSG menolak perpanjangan kontrak sang pemain pada awal tahun ini.

Real Madrid berpotensi mendapatkan jasa Mbappe.

Umur: 29 tahun
Total penghasilan: 41 juta dollar AS (sekitar Rp 583,922 miliar)

Mo Salah merupakan satu-satunya perwakilan dari Premier League yang ada di dalam daftar ini. Pemain internasional Mesir tersebut masuk peringkat lima, seperti tahun lalu.

Dia pindah dari AS Roma ke Liverpool pada 2017. Sejak itu, Mo Salah menjelma menjadi bintang The Reds dengan capaian gol mencapai 20 setiap musim dan menjadi "nyawa" klub, baik di Liga Champions maupun Premier League.

Mo Salah menjalin kerja sama sponsor dengan Vodafone pada Februari 2020 dan menjadi duta PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa) untuk program yang memberikan dukungan pembelajaran digital bagi para pengungsi di negaranya.

Umur: 33 tahun
Total penghasilan: 35 juta dollar AS (sekitar Rp 498,47 miliar)

Lewandowski menunjukkan konsistensi penampilan selama membela Bayern Muenchen. Sejumlah rekor dia torehkan sejak menginjak usia 30 tahun.

Pemain asal Polandia ini terpilih menjadi Bayern player of the season pada 2019-2020 dan dia pun menyabet penghargaan German Footballer of the Year pada 2020 dan 2021.

Mantan bintang Borussia Dortmund ini pun menjadi pemain pertama Bundesliga yang mencetak gol dalam 13 pertandingan berturut-turut. Dia pun menjalin kemitraan komersial, termasuk dengan merek personal miliknya, RL9 (pakaian) dan merek kopi.

Umur: 37 tahun
Total penghasilan: 35 juta dollar AS (sekitar Rp 498,47 miliar)

Gelandang veteran asal Spanyol ini membuat kejutan ketika memperbarui kontrak dengan Vissel Kobe pada Mei lalu. Dia akan bekerja sama selama dua tahun lagi dengan klub Jepang tersebut.

Iniesta, yang pindah ke J-League pada 2018 setelah meninggalkan Barcelona, akan tetap merumput di Jepang hingga 2023, yang berarti usianya bakal mencapai 40 tahun.

Umur: 28 tahun
Total penghasilan: 34 juta dollar AS (sekitar Rp 484,23 miliar)

Paul Pogba turun tiga strip dibandingkan tahun lalu, dalam daftar yang dirilis Forbes ini. Meski demikian, penghasilannya tidak berubah.

Masa depan Pogba di Old Trafford belum pasti, setelah klub menggaet pemain-pemain top, termasuk Cristiano Ronaldo, Jadon Sancho dan Raphael Varane.

Umur: 32 tahun
Total penghasilan: 32 juta dollar AS (sekitar Rp 455,744 miliar)

Gareth Bale sudah kembali ke Real Madrid setelah sempat "dibuang". Dia dipinjamkan ke bekas klubnya, Tottenham Hotspur, pada musim 2020-2021.

Pada musim ini, Bale, yang sempat berstatus pemain termahal di dunia ketika dibeli Real Madrid dari Tottenham pada 2013, sudah tampil dalam tiga pertandingan La Liga.

Pemain asal Wales ini mengakhiri puasa gol pada bulan lalu ketika melawan Levante. Sebelumnya, dia hampir dua tahun tak pernah membobol gawang lawan saat membela Real Madrid.

Umur: 30 tahun
Total penghasilan: 29 juta dollar AS (sekitar Rp 413,02 miliar)

Mungkin mengejutkan melihat Eden Hazard masuk posisi 10 besar setelah dia melewati dua musim yang suram. Bagaimana tidak, Hazard melewatkan total 59 pertandingan sejak dibeli Real Madrid dari Chelsea pada 2019.

Selama berkostum El Real, pemain asal Belgia ini baru tampil sebanyak 48 kali dalam semua kompetisi, mencetak lima gol dan sisanya, dia lebih banyak bergelut dengan cedera.

Alhasil, muncul rumor yang menyebutkan Real Madrid akan memotong gaji Hazard. Ini bakal memberikan efek pada posisinya dalam daftar untuk musim 2022-2023.

https://bola.kompas.com/read/2021/09/23/15500028/ronaldo-lengserkan-messi-dari-daftar-pemain-dengan-penghasilan-tertinggi-di

Terkini Lainnya

Indonesia vs Irak: Dukungan Ali Jasim untuk Garuda Muda agar Tampil di Olimpiade

Indonesia vs Irak: Dukungan Ali Jasim untuk Garuda Muda agar Tampil di Olimpiade

Timnas Indonesia
Piala Asia U23, Saat Shin Tae-yong Masih Pertanyakan Kinerja Wasit…

Piala Asia U23, Saat Shin Tae-yong Masih Pertanyakan Kinerja Wasit…

Timnas Indonesia
Piala Asia U23 2024: STY Apresiasi Timnas Indonesia, Sebut Garuda Maju Drastis

Piala Asia U23 2024: STY Apresiasi Timnas Indonesia, Sebut Garuda Maju Drastis

Timnas Indonesia
Hasil Chelsea Vs Tottenham 2-0: The Blues Berjaya, Postecoglou Meradang

Hasil Chelsea Vs Tottenham 2-0: The Blues Berjaya, Postecoglou Meradang

Liga Inggris
Hasil Roma Vs Leverkusen 0-2: Dongeng Alonso Berlanjut, 47 Laga Tanpa Kalah!

Hasil Roma Vs Leverkusen 0-2: Dongeng Alonso Berlanjut, 47 Laga Tanpa Kalah!

Liga Lain
Shin Tae-yong soal Kedalaman Skuad Garuda dan 'Burnout' Pemain Jelang Laga Kontra Guinea

Shin Tae-yong soal Kedalaman Skuad Garuda dan "Burnout" Pemain Jelang Laga Kontra Guinea

Timnas Indonesia
Jadwal Timnas Indonesia Vs Guinea, Berjuang untuk Olimpiade

Jadwal Timnas Indonesia Vs Guinea, Berjuang untuk Olimpiade

Timnas Indonesia
Skenario Timnas Indonesia ke Olimpiade, Satu Jalan Terakhir Garuda

Skenario Timnas Indonesia ke Olimpiade, Satu Jalan Terakhir Garuda

Timnas Indonesia
Kata Jonatan soal Hadapi Korea Selatan di Perempat Final Piala Thomas 2024

Kata Jonatan soal Hadapi Korea Selatan di Perempat Final Piala Thomas 2024

Badminton
Hasil Indonesia Vs Irak: Kalah 1-2, Garuda Muda ke Playoff Olimpiade 2024

Hasil Indonesia Vs Irak: Kalah 1-2, Garuda Muda ke Playoff Olimpiade 2024

Timnas Indonesia
Live Indonesia Vs Irak: Kebobolan, Garuda Tertinggal di Extra Time

Live Indonesia Vs Irak: Kebobolan, Garuda Tertinggal di Extra Time

Timnas Indonesia
Hasil Indonesia Vs Irak 1-1, Laga Berlanjut ke Extra Time

Hasil Indonesia Vs Irak 1-1, Laga Berlanjut ke Extra Time

Timnas Indonesia
Live Indonesia Vs Irak: Nathan Bikin Penyelamatan Krusial, Skor Masih Imbang

Live Indonesia Vs Irak: Nathan Bikin Penyelamatan Krusial, Skor Masih Imbang

Timnas Indonesia
Live Indonesia Vs Irak 1-1: Marselino Mengancam, Lemparan Arhan Diantisipasi

Live Indonesia Vs Irak 1-1: Marselino Mengancam, Lemparan Arhan Diantisipasi

Timnas Indonesia
Indonesia Vs Irak: Gol Ivar Jenner Dibalas, Babak Pertama Tuntas 1-1

Indonesia Vs Irak: Gol Ivar Jenner Dibalas, Babak Pertama Tuntas 1-1

Timnas Indonesia
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke