Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hasil Persipura Vs Persija, Macan Kemayoran Gagal Menang Lagi

TANGERANG, KOMPAS.com - Pertandingan Persipura Jayapura vs Persija Jakarta berakhir imbang tanpa gol.

Duel Persipura vs Persija merupakan laga penutup pekan ketiga Liga 1 2021-2022 yang dihelat di Indomilk Arena, Kabupaten Tangerang, pada Minggu (19/9/2021) malam WIB.

Hasil ini memperpanjang puasa kemenangan Persija Jakarta dan Persipura Jayapura pada fase-fase awal kompetisi.

Bagi Persija, ini adalah hasil imbang ketiga mereka secara beruntun pada Liga 1 2021-2022.

Pada dua laga sebelumnya, tim berjuluk Macan Kemayoran itu juga hanya mampu meraih satu poin ketika menghadapi PSS Sleman (1-1) dan PSIS Semarang (2-2).

Di sisi lain, hasil imbang membuat tren buruk dua kekalahan beruntun yang diderita Persipura Jayapura pada awal musim ini setidaknya berakhir.

Namun, kesuksesan meraih poin pertama pada Liga 1 2021-2022 tidak membuat Persipura beranjak dari dasar klasemen.

Mutiara Hitam, julukan Persipura, tetap menempati dasar klasemen Liga 1 karena kalah agresivitas gol dari Barito Putera yang juga baru mengoleksi satu poin di atas mereka.

Di sisi lain, Persija Jakarta tertahan di peringkat ke-10 klasemen dengan raihan tiga poin.

Jalannya pertandingan Persipura Vs Persija:

Pada babak pertama, Persija asuhan Angelo Alessio tampil cukup mendominasi dengan catatan lima tembakan ke arah gawang.

Meski demikian, Persija masih belum berhasil mencetak gol. Peluang terbaik Persija terjadi pada menit ke-43 lewat aksi Marko Simic.

Menerima umpan terobosan dari Osvaldo Haay, Simic berhasil lolos dari jebakan offside di sisi kanan kotak penalti Persipura.

Simic kemudian langsung melepaskan tembakan kaki kanan. Peluang tersebut tidak berbuah gol karena tembakan Marko Simic mengarah tepat ke pelukang kiper Persipura, Fitrul Dwi Rustapa.

Di sisi lain, Persipura yang mengandalkan serangan balik hanya mampu melepaskan dua tembakan ke arah gawang sepanjang babak pertama.

Berlanjut ke babak kedua, Angelo Alessio memutuskan menarik keluar Riko Simanjuntak. Pemain asal Sumatra Utara itu kemungkinan besar mengalami cedera. Sebab, pada akhir babak pertama, Riko Simanjuntak sempat mendapatkan perawatan.

Angelo Alessio memilih pemain berusia 18 tahun, Alfriyanto Nico, untuk menggantikan Riko Simanjuntak.

Pada menit ke-53, Persipura mendapatkan peluang emas dari tendangan bebas yang berjarak sekitar dua meter di depan kotak penalti Persija.

Namun, peluang itu gagal dimanfaatkan Persipura setelah eksekusi Muhammad Tahir membentur pagar hidup Persija.

Lima menit berselang, kiper Persija Adixi Lenzivio yang tampil untuk pertama kalinya dalam laga kompetitif sejak Juni 2014, melakukan penyelamatan penting ketika berhasil menangkap tembakan voli kaki kanan Feri Pahabol.

Peluang Pahabol menjadi tembakan tepat sasaran pertama Persipura pada laga kali ini.

Hingga menit ke-60, Persija Jakarta masih belum mendapatkan peluang emas. Intensitas serangan Persija menurun setelah Riko Simanjuntak ditarik keluar.

Pada babak pertama, Riko Simanjuntak tercatat berkontribusi langsung terhadap tiga tembakan ke arah gawang Persija.

Pelatih Persipura Jayapura, Jacksen F. Tiago, melakukan penyegaran pada menit ke-71 dengan menari keluar Ricardo Salampessy dan Yohanes Pahabol.

Kedu pemain itu digantikan oleh Theo Numberi dan Elisa Basna. Pergantian kali ini tidak mengubah formasi 4-2-3-1 Persipura.

Pada menit ke-78, Gunansar Mandowen sukses mengacak-acak pertahanan Persija setelah berhasil melewati dua pemain Persija di depan kotak penalti.

Beruntung bagi Persija karena tembakan kaki kanan Gunansar Mandowen melambung di atas mistar.

Pada menit ke-80, Jacksen Tiago mencoba menambah daya gedor lini depannya dengan memasukkan dua pemain cepat, yakni David Rumakiek dan Ricky Kayame.

Dua menit berselang, Persija nyaris unggul andai tendangan kaki kiri Yann Motta dari dalam kotak penalti tidak melambung di atas mistar.

Tidak ada gol tambahan tercipta. Skor imbang tanpa gol bertahan hingga akhir laga.

PERSIPURA Vs PERSIJA 0-0

PERSIPURA (4-2-3-1): 1-Fitrul; 28-Israel Wamiau, 3-Donny Monim, 4-Ricardo Salampessy (15-Fillo71'), 35-Irsan Lestaluhu (18-D. Rumakiek 80'); 32-M. Tahir, 13-Ian Louis Kabes (6-Yoku 84'); 46-Todd Ferre, 33-Gunansar Mandowen, 17-Yohanes Pahabol (7-Elisa 71'); 23-R. Rumakiek (9-Kayame 80')

  • Cadangan: 47-Mandagi, 14-Fatari, 7-Elisa, 18-D. Rumakiek, 26-Horota, 6-Yoku, 25-Isir, 12-Alom, 15-Fillo, 9-Kayame
  • Pelatih: Jacksen F. Tiago

PERSIJA (4-3-3): 29-Adixi Lenzivio; 28-R. Hehanusa (15-Salman 82'), 5-Otavio Dutra, 4-Yann Motta, 47-Marco Motta; 32-Rohit Chand, 6-Tony Sucipto, 7-Ramdani Lestaluhu (17-Raka 64'); 25-Riko Simanjuntak (18-Nico 46'), 46-Osvaldo Haay, 9-Marko Simic (98-Taufik 83')

  • Cadangan: 99-Cahya, 81-Dwiki, 2-Rio, 56-Maman, 42-Ferrari, 15-Salman, 18-Nico, 60-Ginting, 17-Raka, 98-Taufik
  • Pelatih: Angelo Alessio

https://bola.kompas.com/read/2021/09/19/22443328/hasil-persipura-vs-persija-macan-kemayoran-gagal-menang-lagi

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke