Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

PSSI Pastikan Elkan Baggott Batal Gabung Timnas Indonesia

KOMPAS.com - Plt Sekjen PSSI, Yunus Nusi, memastikan Elkan Baggott tidak bisa bergabung ke pemusatan latihan timnas Indonesia di Dubai, Uni Emirat Arab.

Elkan Baggott saat ini sedang berada di Inggris memperkuat tim kasta kelima Liga Inggris, King's Lynn Town setelah dipinjamkan oleh Ipswich Town.

Terkini, Elkann Baggott dipanggil Shin Tae-yong untuk mengikuti pemusatan latihan timnas Indonesia di UEA yang sudah berlangsung sejak Senin (17/5/2021) demi menghadapi laga-laga sisa Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona ASia.

Elkan Baggott bukan satu-satunya pemain Garuda di luar negeri yang dipanggil Shin Tae-yong.

Terdapat empat pemain lainnya, yakni Asnawi Mangkualam (Korea Selatan), Egy Maulana (Polandia), Witan Sulaeman (Serbia), dan Ryuji Utomo (Malaysia).

Dari lima pemain itu, hanya Elkan Baggott yang belum bergabung ke pemusatan latihan timnas Indonesia hingga saat ini.

Terkait hal itu, Yunus Nusi memastikan Elkan Baggott tidak bisa memenuhi panggilan Shin Tae-yong karena dua alasan.

Pertama, Elkan Baggott tidak mendapat izin dari "klubnya" tanpa mengacu ke King's Lynn Town atau Ipswich Town.

Kedua, UEA adalah salah satu negara yang masuk dalam daftar merah pemerintah Inggris terkait pandemi virus corona.

"Timnya masih sangat membutuhkan kehadiran Elkan Baggot di pertandingan berikutnya," kata Yunus Nusi dikutip dari BolaSport.com.

"Tim Elkan Baggott juga beranggapan bahwa UEA masuk dalam zona merah pandemi virus corona," tutur Yunus Nusi menambahkan.

Menurut peraturan resmi dari Pemerintah Inggris, mereka yang boleh masuk kembali ke Inggris Raya dari negara-negara di daftar merah hanya warga Inggris, Irlandia, atau seseorang dengan "hak tinggal di UK".

Biar bagaimana pun, prosedur kembali ke Inggris negara-negara di daftar merah berbelit-belit dan mahal termasuk membayar sendiri biaya karantina mandiri 10 hari dan tes-tes Covid-19.

Terkini, Elkan Baggott tercatat absen dalam tiga pertandingan terakhir King's Lynn Town karena sedang ditarik Ipswich Town U18 untuk mengikuti Piala FA Junior 2020-2021.

Laga kompetitif terakhir Elkan Baggot adalah ketika membela Ipswich Town U18 melawan Liverpool U18 pada semifinal Piala FA Junior, 12 Mei 2021.

Elkan Baggott yang kala itu tampil penuh gagal mengantar Ipswich Town U18 ke final karena kalah 1-2 dari Liverpool.

Adapun pemusatan latihan timnas Indonesia di Dubai kali ini adalah bagian dari persiapan menyambut tiga laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup G Zona Asia.

Sebelum berangkat ke Dubai, timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong juga sempat menggelar pemusatan latihan di Jakarta selama kurang lebih dua pekan sejak awal Mei 2021.

Timnas Indonesia dijadwalkan melakoni tiga laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup G Zona Asia menghadapi Thailand (3 Juni), Vietnam (7 Juni), dan UEA (11 Juni).

Seluruh pertandingan itu akan digelar terpusat di UEA.

Skuad Garuda berangkat lebih cepat ke UEA karena juga ada agenda dua laga uji coba menghadapi Afghanistan pada Selasa (25/5/2021) dan melawan Oman empat hari berselang.

Timnas Indonesia sebenarnya sudah tersingkir dari Kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup G Zona Asia.

Hal itu tidak lepas dari lima kekalahan beruntun yang diderita timnas Indonesia ketika masih dilatih oleh Simon McMenemy.

Namun, timnas Indonesia tetap harus bekerja keras meraih kemenangan pada tiga laga terakhir Kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup G Zona Asia.

Sebab, tiga laga tersebut akan menentukan nasib timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2023.

https://bola.kompas.com/read/2021/05/23/12105328/pssi-pastikan-elkan-baggott-batal-gabung-timnas-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke