Salin Artikel

Ironi Arsenal: Sempurna di Liga Europa, Terpuruk di Liga Inggris

LONDON, KOMPAS.com - Arsenal bisa dikatakan seperti memiliki dua jati diri karena menunjukkan penampilan yang jauh berbeda di Liga Europa dan Liga Inggris musim ini.

Terkini, Arsenal sukses mengalahkan Rapid Wina 4-1 di Stadion Emirates pada laga kelima Grup J Liga Europa, Kamis (3/12/2020) atau Jumat dini hari WIB.

Empat gol kemenangan Arsenal tercatat atas nama Alexandre Lacazette (10'), Pablo Mari (18'), Eddie Nketiah (44'), dan Emile Smith-Rowe (66').

Adapun satu-satunya gol balasan Rapid Wina diciptakan oleh Koya Kitagawa pada menit ke-47.

Kemenangan atas Rapid Wina membuat Arsenal lolos ke fase gugur atau 32 besar Liga Europa musim ini dengan status juara Grup J.

Arsenal lolos berkat rekor 100 persen kemenangan dengan catatan mencetak 16 gol dan baru kebobolan tiga kali dari lima laga.

Artinya, rata-rata gol Arsenal di Liga Europa musim ini mencapai 3,2 per laga.

Jika dibandingkan, penampilan Arsenal di Liga Inggris sangat jauh berbeda.

Arsenal saat ini masih tertahan di peringkat 14 klasemen Liga Inggris dengan koleksi 13 poin, hasil dari empat kemenangan, satu hasil imbang, dan lima kali kalah.

Dari 10 pertandingan, Arsenal baru mencetak 10 gol dan sudah kebobolan 12 kali.

Penampilan Arsenal di Liga Inggris mulai menurun ketika memasuki pekan keenam.

Dalam enam laga terakhir, Arsenal hanya bisa meraih satu kemenangan dan mencetak dua gol.

Terdapat satu statistik yang memperlihatkan timpangnya permainan Arsenal ketika tampil di Liga Europa dan Liga Inggris.

Dikutip dari situs Squawka, Arsenal tercatat sudah melepaskan 34 tembakan tepat sasaran dari lima pertandingan Liga Europa musim ini.

Adapun dari 10 pertandingan Liga Inggris, Arsenal hanya mampu melepaskan 32 tembakan tepat sasaran.

Angka tembakan tepat sasaran Arsenal di Liga Europa melonjak drastis pada laga melawan Rapid Wina.

Arsenal pada laga dini hari ini sukses melepaskan 11 tembakan tepat sasaran dengan empat di antaranya berbuah gol.

Itu adalah jumlah tembakan tepat sasaran tertinggi yang bisa diciptakan Arsenal dalam satu laga sejak ditinggal Arsene Wenger pensiun pada 2018.

Seusai laga melawan Rapid Wina, pelatih Arsenal, Mikel Arteta, memuji anak asuhnya yang berhasil menjaga konsistensi di Liga Europa.

Arteta berharap konsistensi itu segera menular di Liga Inggris terlebih akhir pekan ini Arsenal akan menghadapi rival sekotanya, Tottenham Hotspur.

"Benar, kami sangat konsisten di Liga Europa. Saya pikir para pemain sudah menunjukkan energi, karakter, dan agresivitas yang bagus hari ini," kata Arteta dikutip dari situs resmi klub.

"Anda bisa merasakan keinginan pemain Arsenal untuk bangkit dari kekalahan akhir pekan lalu sejak menit pertama hari ini," ucap Arteta.

"Sekarang, kami akan bersiap untuk menghadapi Tottenham. Kami sudah tidak sabar menantikan laga spesial itu. Kami berharap bisa mengulangi penampilan hari ini akhir pekan nanti," tutur Arteta menambahkan.

Duel Tottenham vs Arsenal merupakan laga pekan ke-11 Liga Inggris yang akan dihelat di Tottenham Hotspur Stadium, Minggu (6/12/2020) malam WIB.

Arsenal wajib menang pada laga bertajuk Derbi London Utara itu jika ingin memangkas jarak dengan Tottenham Hotspur di klasemen Liga Inggris.

Tottenham asuhan Jose Mourinho saat ini menempati puncak klasemen Liga Inggris dengan keunggulan delapan angka dari Arsenal.

https://bola.kompas.com/read/2020/12/04/10200048/ironi-arsenal--sempurna-di-liga-europa-terpuruk-di-liga-inggris

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.