Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Gary Neville Ungkap Alasan Sir Alex Ferguson Tak Tunjuk Ronaldo atau Rooney Jadi Kapten

KOMPAS.com - Mantan pemain Manchester United, Gary Neville, mengungkapkan alasan Sir Alex Ferguson tak menunjuk Cristiano Ronaldo atau Wayne Rooney sebagai kapten. 

Setelah kepergian Roy Keane pada 2005, Gary Neville ditunjuk Sir Alex Ferguson sebagai penggawa skuad Setan Merah (julukan Manchester United) selama lima tahun hingga 2010.

Neville sempat tidak percaya diri sebagai kapten mengingat saat itu Manchester United punya segudang pemain dengan karakter kuat yang dinilainya lebih pantas memimpin skuad utama.

Saat itu, Manchester United dihuni pemain-pemain kelas dunia seperti Cristiano Ronaldo, Wayne Rooney, Nemanja Vidic, Rio Ferdinand, Ryan Giggs, dan sebagainya.

Akan tetapi, Neville mengungkapkan Sir Alex Ferguson menunjuknya sebagai kapten untuk menjaga suasana ruang ganti tetap harmonis.

"Saya merasa tidak berkontribusi sebagai seorang kapten setelah mengalami cedera selama satu tahun," kata Gary Neville kepada Sky Sports.

"Ingat sekali, saat itu saya datang ke Sir Alex Ferguson kira-kira pada musim ketiga selama menjadi kapten dan mengatakan bahwa saya tak layak ada di posisi itu."

"Saat itu Man United punya tim luar biasa. Ada Ronaldo, Rooney, Carlos Tevez, Ryan Giggs, Paul Scholes, Michael Carrick, Rio Ferdinand, Nemanja Vidic, Patrice Evra, dan Edwin van der Sar."

"Mereka semua merupakan pemain hebat dengan kepribadian bagus. Namun, Sir Alex Ferguson mengatakan bahwa saya tetap akan mengenakan ban kapten," tutur Gary Neville menambahkan.

Karena sadar saat itu Setan Merah penuh dengan pemain hebat, maka Sir Alex Ferguson tak ingin skuad utamanya terpecah hanya karena masalah posisi sebagai kapten tim.

Oleh karena itu, Sir Alex Ferguson menunjuk Gary Neville yang dinilai bisa memimpin Manchester United tanpa mengubah suasana harmonis di ruang ganti.

"Dia mengatakan saya dan Ryan Giggs akan bergantian menggunakan ban kapten karena jika dia memberikannya kepada Ronaldo, Rooney bisa marah," ujar Neville mengenang masa-masa saat menjadi kapten Man United.

"Jika Sir Alex Ferguson menunjuk Nemanja Vidic, Rio Ferdinand tidak akan bahagia. Jadi kami ada di posisi kapten selama tiga atau empat tahun murni untuk persahabatan di antara para pemain."

Melansir Transfermarkt, Gary Neville mencatatkan 599 penampilan bersama Manchester United sepanjang 20 tahun kariernya sebelum memutuskan gantung sepatu pada 2011.

https://bola.kompas.com/read/2020/04/16/13000048/gary-neville-ungkap-alasan-sir-alex-ferguson-tak-tunjuk-ronaldo-atau-rooney-jadi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke