Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Simon McMenemy: Proses Naturalisasi Sandy Walsh Sedang Berjalan

KOMPAS.com - Pelatih timnas Indonesia, Simon McMenemy, menyatakan bahwa proses naturalisasi Sandy Walsh sedang berjalan.

Sandy Walsh yang saat ini memperkuat klub Belgia, Zulte Waregem, merupakan pemain berdarah Indonesia yang memiliki hasrat memperkuat tim Merah Putih.

Sandy Walsh lahir di Brussels, Belgia, memiliki darah Indonesia yang berasal dari ibunya, Brigitta Portier, yang lahir dari orang tua asal Indonesia.

Untuk mewujudkan impiannya, pemain 24 tahun itu dikabarkan sedang mengurus kelengkapan adminitrasi untuk keperluan naturalisasi.

Beberapa waktu yang lalu, dia sudah terlihat mengunjungi Jakarta untuk mengurus proses naturalisasinya.

Pelatih timnas Indonesia, Simon McMenemy, baru-baru ini juga sudah mengonfirmasi bahwa proses naturalisasi Sandy Walsh sedang berjalan.

Melalui akun Twitter pribadinya, Simon McMenemy menjawab pertanyaan dari salah seorang netizen terkait Sandy.

"Proses sedang berjalan, ada sedikit kesulitan, tetapi tetap berjalan," kata Simon.

Simon sendiri sejak awal melatih timnas Indonesia memang sudah mempertimbangkan untuk memanggil Sandy.

Pelatih asal Skotlandia mengaku tak mau memanggil Sandy Walsh hanya untuk "memuaskan" orang-orang yang banyak menyarankan tentang pemain yang bermain di Liga Belgia tersebut.

Simon mengaku banyak orang yang menghubunginya di media sosial dan memintanya untuk memanggil pemain kelahiran 1995 itu.

"Orang berpikir naturalisasi bisa terjadi, misalnya saya mau pemain 'ini' terus dia langsung dapat paspor. Padahal, ada banyak prosesnya, kami juga harus yakin soal pemain. Jangan hanya berdasarkan dari media sosial saja," tutur Simon.

"Dia harus fit dalam waktu panjang, kami bisa panggil semua pemain dari penjuru dunia, tetapi mereka tak bisa langsung dapat paspor keesokan harinya," ucapnya.

Timnas Indonesia sendiri akan tampil pada putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 lawan Malaysia dan Thailand pada awal September mendatang.

Laga melawan Malaysia dijadwalkan akan digelar pada 5 September 2019.

Sedangkan laga melawan Thailand akan dihelat pada tanggal 10 September 2019.

Rencananya kedua laga ini akan terlaksana di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Pusat. (Bagaskara Setyana Adhie Perkasa). 

https://bola.kompas.com/read/2019/08/17/19300048/simon-mcmenemy--proses-naturalisasi-sandy-walsh-sedang-berjalan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke