Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Tak Ada Pemain seperti Evan Dimas"

Kompas.com - 01/09/2016, 18:19 WIB
Wijaya Kusuma

Penulis

SLEMAN,KOMPAS.com - Pelatih Timnas Indonesia U-19, Eduard Tjong, mengatakan persiapan timnya menuju Piala AFF U-19 di Vietnam sudah 80 persen. Pekan ini, ia menekankan pada latihan taktik dan pengaturan tempo permainan

Pengaturan tempo permainan dianggap coach Edu penting. Dia menilai di squad Garuda Muda saat ini tidak ada pemain leader di tengah yang mampu mengatur permainan seperti Evan Dimas.

"Pemainan tidak melulu cepat, tetap harus atur tempo," ujar Edu seusai memimpin latihan di Stadion Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Rabu (31/8/2016).

"Mereka belum bisa mengatur kapan main cepat, kapan main lambat. Leader di tengah belum ada. Di tim dulu kan ada Evan Dimas yang bisa ataur tempo, kali ini kami ini belum punya," tuturnya.

Menurut dia, seharusnya yang berperan sebagai pemimpin lini tengah adalah Chrytna Bagascara. Namun, permainan dia masih belum maksimal.

"(Dia) Sering lupa, kalau kami ingatkan baru bisa," ujar coach Edu.

Jelang keberangkatan, Edu membagi menu latihan terpisah untuk para pemain. Satu hari untuk game simulasi untuk taktik, lalu recovery. 

"Latihan pagi libur karena saya menyiapkan simulasi game. Kalau kemarin pressing dan kerja sama tim, sekarang 70 persen taktik, 30 persen kondisi," tuturnya.

Guna menjalankan simulasi game ini, Edu terpaksa harus meminjam enam pemain dari FC Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) untuk melengkapi tim. Sebab, Habibi, Arizky Wahyu, dan Nevy Dwaramury mengalami sakit cacar. Sedangkan Pandi Lestaluhu dan Bagas Adi Nugroho masih dalam proses penyembuhan setelah menderita cedera.

Terkait kondisi tiga pemain yang menderita sakit cacar, Edu mengaku sudah membaik. Bahkan, dua tiga hari ke depan, mereka sudah bisa bergabung bersama tim.

"(Lukanya) Sudah kering, tetapi biar sembuh. Satu dua hari ke depan sudah bisa gabung," ujar dia.

Sementara itu, pada latihan sore tadi Pandi Lestaluhu dan Bagas Adi Nugroho tampak masih belum dapat mengikuti game bersama teman-temannya. Mereka hanya berlatih ringan dengan berlari keliling lapangan.

 

Kompas TV Eduard Tjong Rilis 23 Pemain Timnas U-19
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com