Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inggris Sulit Cetak Gol, Hodgson Mengaku Frustrasi

Kompas.com - 21/06/2016, 06:02 WIB
Nugyasa Laksamana

Penulis

Sumber UEFA

SAINT-ETIENNE, KOMPAS.com - Pelatih tim nasional Inggris, Roy Hodgson, mengaku frustrasi dengan hasil imbang 0-0 kala melawan Slovakia, Senin (20/6/2016). Dia pun berharap timnya bisa memperbaiki berbagai kekurangan sebelum bertanding di babak 16 besar.

Pada laga kontra Slovakia, Inggris dominan. Sepanjang 90 menit, The Three Lions - julukan tim nasional Inggris - mencatatkan 58 persen penguasaan bola.

Selain itu, tim asuhan Hodgson juga menciptakan 27 peluang. Namun, Inggris sama sekali tak bisa menciptakan satu gol pun ke gawang Slovakia.

"Ini adalah malam yang penuh dengan rasa frustrasi. Kami sepenuhnya layak memenangi laga. Masing-masing dari tiga laga fase grup, kami tampil sangat mendominasi," ujar Hodgson seperti dilansir situs resmi UEFA.

"Kami akan dikritik karena unggul dalam penguasaan bola, tetapi tidak bisa mencetak gol. Saya tak bisa menyangkal itu," kata Hodgson menjelaskan.

Dalam laga tersebut, Hodgson memang sempat menyimpan sejumlah pemain andalannya. Kapten Wayne Rooney dan gelandang Dele Alli baru diturunkan pada babak kedua, sedangkan Kyle Walker tak dimainkan.

Hal itu ditengarai menjadi salah satu penyebab kegagalan Inggris menyegel kemenangan atas Slovakia. Namun, Hodgson mempunyai pendapat lain.

"Saya tidak begitu yakin akan terjadi perubahan besar jika memainkan Wayne Rooney, Alli, atau Kyle Walker sejak awal laga," tutur Hodgson.

"Bukan berarti kami tidak menciptakan peluang. Akan tetapi, kami hanya tidak bisa mengalahkan mereka (Slovakia)," ucapnya.

Dengan hasil imbang kontra Slovakia, Inggris lolos ke babak 16 besar dengan menduduki peringkat ke-2. Mereka mengemas lima poin, atau terpaut satu poin dengan Wales di puncak klasemen.

Melihat performa yang ditampilkan anak asuhnya selama fase grup, Hodgson pun optimistis dan siap melawan tim mana pun di babak 16 besar.

"Berdasarkan cara bermain saat ini, kami tak takut kepada siapa pun," ucap pelatih berusia 68 tahun tersebut.

Pada babak 16 besar nanti, Inggris akan berhadapan dengan runner-up Grup F. Seluruh tim di grup tersebut - Hungaria, Islandia, Portugal, Austria - masih berpeluang lolos. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com