Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/03/2016, 20:21 WIB
Ferril Dennys

Penulis

KOMPAS.com — Legenda tim nasional Belanda, Johan Cruyff, meninggal pada usia 68 tahun pada Kamis (24/3/2016) karena kanker paru-paru. Kabar ini menjadi duka bagi dunia sepak bola.

Dalam kariernya, Cruyff, yang pernah membela Ajax dan Barcelona, berhasil tiga kali memenangi gelar Ballon d'Or.

Dia juga pernah tiga kali berturut-turut memenangi European Cups bersama Ajax dan saat menjadi pelatih membawa Barcelona meraih European Cup pada 1992.

LLUIS GENE/AFP Foto dokumen yang diambil pada 8 April 2010, yang memperlihatkan mantan pemain timnas Belanda sekaligus legenda FC Barcelona, Johan Cruyff, berbicara setelah ditunjuk sebagai presiden kehormatan FC Barcelona pada 8 April 2010 di Camp Nou, Barcelona. Johan Cruyff, salah satu pemain terbesar dalam sejarah sepak bola dunia, meninggal dunia pada Kamis (24/3/2016), dalam usia 68 tahun akibat kanker paru-paru.

Selain di level klub, Cruyff juga menjadi bintang di tim nasional Belanda. Dia membawa Belanda mencapai final Piala Dunia 1974. Sayang, Cruyff gagal mengangkat piala setelah Belanda takluk dari Jerman Barat.

Meskipun demikian, pada Piala Dunia 1974 itu, Cruyff mewariskan sebuah aksi nan fenomenal yang kemudian dikenal dengan sebutan "Cruyff Turn". Trik melewati lawan yang terjadi saat melawan Swedia itu kemudian menyebar ke seluruh dunia.

Bagaimana kehebatan Cruyff semasa berkarier. Berikut sejumlah aksinya di lapangan hijau:

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com