Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Chyntia, Wanita yang Selalu Mendampingi Robertino Pugliara

Kompas.com - 07/11/2014, 16:36 WIB
KOMPAS.com — Gelandang serang Persipura Jayapura, Robertino Pugliara, mengaku selalu mendapatkan dukungan penuh dari sang istri, Chyntia. Bahkan, selama berada di Persipura, Chyntia betah tinggal di tanah Papua agar bisa tetap mendampinginya.

Nah, saat Persipura lolos ke semifinal dan bermain di Stadion Jakabaring, Palembang, Chyntia pun selalu hadir. Menurut Robertino, ketika dijumpai di Hotel Sandjaja, Palembang, tempat Persipura menginap, Kamis (6/11/2014), sang istri sudah ada di Palembang sejak laga semifinal melawan Pelita Bandung Raya (PBR), Selasa (4/11/2014) lalu.

"Istri sangat mendukung. Bahkan selama saya di Persipura, istri saya ikut tinggal di Papua," ujarnya dalam wawancara dengan Sripoku.com di sela makan siang, Kamis (6/11/2014).

Dengan didampingi sang istri, Robertino kini tengah fokus menghadapi laga final Indonesia Super League (ISL) 2014 melawan Persib Bandung di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (JSC) Palembang, Jumat (7/11/2014). Laga puncak antarkedua tim akan berlangsung pada pukul 18.30 WIB, yang disiarkan secara langsung oleh RCTI.

"Ini laga final. Saya harus konsentrasi agar saat pertandingan nanti bisa melakukan yang terbaik," ucapnya.

Dia mengaku selalu berusaha menikmati permainan saat melakoni pertandingan-pertandingan besar. Terlebih lagi, partai kali ini adalah final, fase tertinggi yang pernah dia rasakan selama menjalani karier sepak bola di Indonesia.

"Tidak ada hal-hal khusus yang harus dilakukan (jelang laga-laga besar), saya hanya konsentrasi saja," ujar mantan pemain Persija Jakarta ini.

Mengenai pertandingan melawan Persib, Robertino mengaku tak mau terlena dengan statistik ataupun head-to-head kedua tim yang lebih menguntungkan Persipura. Meski Mutiara Hitam tak terkalahkan oleh Persib dalam 10 kali pertemuan terakhir, menurutnya, itu bukan jaminan bahwa mereka bisa menang dalam laga final ini.

"Final tentu berbeda dengan laga lain. Persib pasti ingin juara juga. Untuk itu, kami harus bisa bermain lebih baik," ucapnya.

Mengenai peluang untuk turun ke lapangan hijau, Robertino menyerahkan hal ini sepenuhnya kepada jajaran pelatih. Bagi dia, peluang untuk bermain masih belum bisa dipastikan mengingat PT Liga Indonesia memiliki regulasi bahwa hanya tiga pemain asing yang boleh diturunkan ke lapangan hijau.

Seperti diketahui, Persipura masih memiliki tiga pemain asing lainnya, yakni Yoo Jae Hoon (kiper), Bio Paulin (bek), dan Lim Joon Sik (gelandang bertahan).

"Belum tentu juga (main pada laga final), walaupun saya dimainkan pada laga saat lawan PBR. Semuanya tergantung dari taktik dan strategi pelatih," terangnya.

Betah di Persipura

Ditanya terkait nasibnya pada musim depan, apakah mau bertahan atau pilih pindah ke klub lain, Robertino mengaku sejauh ini sangat betah di Persipura. Dia dan istrinya cukup nyaman dengan suasana dan keakraban tim. Namun, dia pun tidak menolak jika ada tawaran dari klub lain.

"Kalau Persipura masih ingin saya bertahan, saya akan utamakan. Kalau tidak, otomatis saya harus cari klub lain," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com