Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Quat-trick" Semifinal, Jerman Catat Sejarah

Kompas.com - 05/07/2014, 01:36 WIB
KOMPAS.com — Jerman membuat sejarah baru di ajang Piala Dunia setelah mengalahkan Perancis 1-0 di Stadion Maracano, Rio de Janeiro, Jumat (4/7/2014), lewat gol Mats Hummels. Der Panzer menjadi negara pertama yang sukses menembus babak semifinal Piala Dunia empat kali berturut-turut.

Sebelum Jerman membukukan torehan terbaru ini, hanya Der Panzer dan Brasil yang sukses mencetak hat-trick ke semifinal. Ketika masih bernama Jerman Barat, juara dunia tiga kali ini pernah mencapai semifinal pada Piala Dunia 1966, 1970, dan 1974 (kemudian menjadi juara). Delapan tahun berselang, mereka kembali menembus semifinal Piala Dunia 1982, 1986, dan 1990 (menjadi juara).

Sementara itu, Brasil, yang sudah lima kali menjadi juara dunia, juga pernah tiga kali berturut-turut menembus semifinal pada Piala Dunia 1970 (menjadi juara), 1974, dan 1978. Setelah itu, Selecao mengulangi prestasi serupa pada Piala Dunia 1994 (menjadi juara), 1998, dan 2002 (juara).

Di tahun ketika Brasil menjadi juara (2002), Jerman kembali merintis perjalanan menuju semifinal. Der Panzer mempertahankan prestasi itu dengan kembali menembus babak empat besar pada 2006, 2010, dan kini Jerman untuk keempat kalinya merasakan atmosfer semifinal Piala Dunia.

Mampukah Jerman menyempurnakan rekor baru ini dengan gelar juara? Kita harus lebih dulu menunggu aksi tim besutan Joachim Loew ini di semifinal ketika bertemu Brasil atau Kolombia, sebelum merajut mimpi meraih gelar keempat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com