Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bayern Cekal Dua Media Inggris karena Hina Schweinsteiger

Kompas.com - 04/04/2014, 00:00 WIB
Aloysius Gonsaga AE

Penulis

Sumber Goal
KOMPAS.com — Bayern Muenchen mencekal wartawan dari dua surat kabar ternama Inggris. Mereka dilarang menghadiri leg kedua babak perempat final Liga Champions pada pekan depan di Allianz Arena, ketika The Bavarian menjamu Manchester United. Tindakan itu dilakukan, menyusul pemberitaan tentang Bastian Schweinsteiger, yang dinilai mengandung unsur penghinaan.

The Sun dan The Daily Mirror menerbitkan artikel mengenai gelandang Bayern tersebut, yang mendapatkan kartu merah ketika mereka bermain imbang 1-1 di Old Trafford, Selasa (1/4/2014). Dua media itu menurunkan berita utama"You Dirty Schwein" dan "You Schwein" yang dalam bahasa Jerman bisa dikonotasikan sebagai "babi".

Kubu Bayern mengutuk keras apa yang dilakukan kedua surat kabar itu. Mereka menyebut tindakan tersebut "tidak sopan, diskriminatif, dan merupakan penghinaan pribadi", serta telah memberikan konfirmasi bahwa wartawan dari kedua media itu tidak akan diizinkan masuk ke Allianz Arena dalam laga pekan depan.

Dalam sebuah pernyataan resmi, Bayern mengklaim bahwa artikel tersebut tidak mematuhi prinsip "menghormati" yang ditetapkan UEFA dalam kompetisi Eropa, mengutip sanksi terbaru mereka untuk spanduk yang dinilai menyerang ketika bermain imbang 1-1 melawan Arsenal, sebagai bukti lanjutan atas komitmen mereka untuk mengampanyekan hal tersebut.

"FC Bayern Muenchen tidak akan menerima gaya liputan itu, dan mengutuknya," demikian pernyataan klub raksasa Bundesliga tersebut. "UEFA menyerukan 'RESPECT' di Liga Champions, kampanye besar-besaran di Eropa. Setiap pemain mengenakan logo ini di kostum mereka selama pertandingan, dan setiap peserta kompetisi wajib mematuhi 'RESPECT'."

"Karena pelanggaran terhadap perjanjian ini, dengan empat penonton menunjukkan spanduk yang tidak sopan selama pertandingan kandang pada leg pertama babak 16 besar melawan Arsenal di Allianz Arena, Muenchen, Bayern mendapat sanksi berupa larangan mengisi 700 tempat duduk serta denda 10.000 euro. Kami menerima hal ini."

Schweinsteiger, yang mencetak gol bagi Die Roten dalam laga di Old Trafford, diberi kartu merah karena menerima kartu kuning kedua, menyusul pelanggaran terhadap Wayne Rooney. Pengusiran tersebut terjadi hanya beberapa saat sebelum laga usai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com