Schalke Tak Terpengaruh Krisis Crimea

Kompas.com - 24/03/2014, 19:28 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Klub anggota Bundesliga Schalke 04 tak terpengaruh oleh krisis Crimea. Meski, tulis, AFP  pada Senin (24/3/2014), sponsor utama klub yang bermarkas di Gelsenkirchen, Westphalia, Jerman ini adalah perusahaan gas negara Rusia, Gazprom. "Kami tidak melihat ada masalah dengan krisis itu,"kata bos Schalke 04 Clemens Toennies.

Sejatinya, Gazprom sudah menjadi sponsor utama klub berjulukan The Royal Blues sejak 2007. Setiap tahun, Gazprom membayar ongkos sponsor hingga 17 juta euro. Kontrak sponsor itu hingga 2017.

Tak hanya itu, Toennies juga mengaku selama ini dirinya punya hubungan baik dengan bos besar Gazprom. "Saya punya hubungan baik dengan Presiden Rusia Vladimir Putin,"kata Toennies.

Sejauh ini, Kanselir Jerman Angela Merkel mengecam Rusia karena Negeri Beruang Merah dianggap menganeksasi Crimea, wilayah yang sebelumnya menjadi Republik Otonomi dari Ukraina. "Olahraga tak ada hubungannya dengan politik," begitu kepercayaan diri Clemens Toennies.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com