Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tekuk Sriwijaya, Arema ke Final Inter Island Cup

Kompas.com - 21/01/2014, 23:32 WIB
Ary Wibowo

Penulis

MALANG, KOMPAS.com — Arema Indonesia akhirnya melenggang ke Final Inter Island Cup (IIC) 2014 setelah membungkam Sriwijaya FC 1-0 dalam laga terakhir Grup A Babak 8 Besar di Stadion Kanjuruhan, Malang, Selasa (21/1/2014).

Dalam laga, Arema mampu mendominasi permainan sejak menit awal. Bahkan baru dua menit laga berjalan, kiper Sriwijaya FC sudah dipaksa bekerja keras menghalau serangan dari Irsyad Maulana.

Upaya Singo Edan akhirnya sukses jelang pertandingan babak pertama usai. Di awali sebuah penetrasi di sisi kanan kotak penalti Sriwijaya, Irsyad mampu mengirim umpan tarik yang mampu diselesaikan dengan baik oleh Cristian Gonzales untuk membuat Arema unggul 1-0.

Tempo permainan kedua tim sedikit menurun di awal-awal babak kedua. Pada menit ke-48 Arema nyaris memperbesar keunggulan andai tendangan first time Irsyad Maulana tak "digagalkan" mistar gawang.

Tak puas dengan satu gol, pelatih Arema, Suharno, melakukan pergantian. Gustavo Lopez masuk menggantikan Hendro Siswanto. Masuknya Gustavo Lopez ini membuat permainan Singo Edan semakin "giras" dalam menggempur pertahanan Sriwijaya. Namun hingga pertandingan usai, skor 1-0 tersebut tetap bertahan.

Seusai laga, pelatih Sriwijaya, Subangkit, mengatakan, timnya memang kekurangan pemain karena fisiknya habis saat melawan Perserui dua hari lalu. "Kone juga masuk rumah sakit akibat infeksi tangan jahitan 5 waktu usai lawan Barito," papar Subangkit.

Sedangkan, pelatih Arema, Suharno, mengakui bahwa laga penentuan memang banyak kendala. "Semangat pemain perlu diapresiasi, pemain senior memberikan semangat kepada pemain yunior. Itu kunci kemenangan Arema malam ini," kata Suharno.

Di tempat sama, CEO Arema Iwan Budianto mensyukuri kemenangan ini. "Meski tidak mudah, sekarang Arema fokus menatap final dengan semangat tempur. Semoga kita menjadi juara di IIC kali ini," jelas Iwan.

Dengan kemenangan ini, Arema memastikan satu tempat di final Inter Island Cup 2014 yang rencananya akan digelar di Gelora Delta Sidoarjo, Sabtu (25/1/2014). Arema akan menghadapi juara Grup B, di mana masih ada empat tim yang berpeluang masuk final, yaitu Mitra Kukar, Persiram, Persib, dan Persik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com