Klopp Pernah Tolak Klub Premier League

Kompas.com - 20/10/2013, 23:47 WIB
Lariza Oky Adisty

Penulis

Sumber Bild
DORTMUND, KOMPAS.com — Pelatih Borussia Dortmund Juergen Klopp mengungkapkan, dirinya pernah mendapat tawaran melatih dari beberapa klub Premier League. Namun, tawaran-tawaran tersebut ditolaknya mentah-mentah.

"Tak ada alasan bagi saya mendengarkan penawaran mereka. Mungkin di klub-klub Inggris, China, atau Rusia saya bisa mendapat uang lebih. Saya toh bukan Mahatma Gandhi dan uang memang penting, tetapi bukan itu yang terpenting," kata Klopp kepada tabloid Inggris The Sun.

Klopp memang tak lantas mengutarakan niat untuk melatih Dortmund dalam waktu lama seperti yang dilakukan Sir Alex Ferguson di Manchester United. Namun, menurutnya, Dortmund adalah klub paling tepat untuknya saat ini.

"Saat ini Dortmund adalah proyek sepak bola terbaik. Saya takkan melatih di sini hingga usia 68, tetapi saya bertahan di sini dengan segala kemampuan saya. Saya berada di tempat yang tepat pada waktu yang tepat," tukasnya.

Di bawah kepelatihan Klopp, die Schwarzegelbe telah meraih dua gelar Bundesliga, satu gelar DFB Pokal, serta menjadi finalis Liga Champions musim lalu. Meski sudah ditinggal pilar penting seperti Shinji Kagawa dan Mario Goetze, serta kemungkinan besar ditinggal Robert Lewandowski, Klopp memuji semangat Marco Reus dkk untuk unjuk gigi sebagai kandidat peraih gelar.

"Para pemain berusaha mewujudkan mimpi mereka, dan itu sesuatu yang tak bisa saya lakukan saat seumur mereka. Semasa saya bermain, yang bisa saya harapkan hanyalah jangan sampai jatuh. Saya sudah melatih selama empat tahun, dan tak berpikir pada awalnya tim ini bisa jadi juara," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com