Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cruyff: Mou Biang Kegagalan Madrid

Kompas.com - 25/05/2013, 03:59 WIB

BARCELONA, KOMPAS.com — Mantan pelatih Barcelona, Johan Cruyff, menilai Jose Mourinho bertanggung jawab atas kegagalan Real Madrid meraih satu gelar pun musim ini. Menurutnya, perilaku Mourinho membuat citra Los Galacticos buruk.

Setelah memutuskan untuk hengkang dari Madrid, Mourinho memang terus mendapat ucapan kasar, khususnya dari sejumlah media Spanyol. Pelatih asal Portugal tersebut dinilai gagal membuktikan ucapannya yang menyebut dirinya Special One karena gagal membawa Madrid meraih satu gelar pun musim ini.

"Perilakunya (Mourinho) telah memiliki efek pada setiap orang. Madrid bukanlah tim yang buruk karena pada kenyataannya mereka adalah tim yang sangat baik dan alasan mereka tidak mendapatkan apa-apa musim ini adalah karena tingkah lakunya," kata Cruyff.

Lebih lanjut, Cruyff pun berbicara perihal mantan klubnya, Barcelona, salah satunya tentang rencana merekrut bintang muda Santos, Neymar da Silva. Ia menilai, Neymar tidak akan efektif bagi Barcelona karena akan bermain di posisi yang sama dengan Lionel Messi.

"Dua ego dalam perahu yang sama? Kita harus belajar dari masa lalu," ujar Cruyff, mengacu pada banyak kasus sebelumnya di mana nama-nama besar kerap gagal untuk bekerja sama jika bermain di posisi yang sama.

Selain itu, Cruyff juga bersikap kritis terhadap cara Barcelona menangani status pemain yang sudah tidak betah di Camp Nou, termasuk kiper Victor Valdes. "Ini adalah hal yang dapat membuat Anda bertanya-tanya, 'Apa yang terjadi?'," tuturnya.

"Mengapa hal seperti itu ditangani dengan cara ini. Kita perlu mencari tahu apa yang salah dengannya (Valdes) karena apa yang diinginkannya itu tidak normal," tukas Cruyff.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com