Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ibra Rindu Italia

Kompas.com - 23/05/2013, 04:07 WIB

PARIS, KOMPAS.com — Meski senang bermain bersama Paris Saint-Germain (PSG), bomber Zlatan Ibrahimovic mengaku rindu akan kehidupannya di Italia. Bahkan, ia merasa Italia sebagai rumah keduanya.

Sepanjang kariernya, Ibra pernah memperkuat Inter Milan, Juventus, dan AC Milan sebelum hengkang ke Parc des Princess pada awal musim ini. Semusim bersama PSG, ia sukses membawa klub itu juara Ligue 1.

"Aku rindu Italia. Italia adalah rumah keduaku. Inter Milan, Juventus, dan AC Milan adalah klub besar. Aku memenangi gelar bersama mereka dan aku tahu arti menjadi seorang pesepak bola di Italia," kata Ibrahimovic dalam wawancara dengan La Gazzetta dello Sport.

Penyerang andalan tim nasional Swedia ini pun menyoroti perbedaan mencolok yang dimiliki sepak bola di Italia dengan di Spanyol, tempat Ibra pernah menghabiskan karier bersama Barcelona.

"Orang-orang Italia sangat fanatik mengenai sepak bola. Mereka terbiasa dengan pemain bintang, dan saat bertemu pemain-pemain tersebut mereka memperlakukannya dengan khusus. Contohnya jika seorang pesepak bola bermain di klub besar, lalu pergi untuk makan di restoran. Pemiliknya akan berkata, 'Restoran ini milik Anda'. Di Spanyol tak begitu. Ada perbedaan budaya di mana-mana, dan aku sangat suka budaya Italia," kata Ibra.

Ibra kini tengah digosipkan akan kembali ke Juventus musim panas ini. Meski manajemen PSG sudah menegaskan tak akan melepas penyerang andalannya tersebut, Ibra sendiri masih enggan menjawab berbagai spekulasi soal kariernya.

"Apa aku akan tetap di PSG? Entahlah, banyak hal bisa terjadi," kata Ibra.

"Dulu-dulu aku pernah mengatakan tak akan pindah, lalu berubah pikiran. Karena itu, aku tak ingin mengatakan apa-apa kali ini. Aku masih punya sisa dua tahun di kontrakku dengan PSG, tetapi segalanya bisa terjadi," pungkas Ibra.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com