Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vieira Jadi Pelatih Tim Muda City

Kompas.com - 17/05/2013, 02:31 WIB

MANCHESTER, KOMPAS.com — Manchester City resmi menunjuk mantan pemainnya, Patrick Vieira, sebagai pelatih skuad U-21 The Citizens. Vieira akan menggantikan pelatih tim U-21, Attilio Lombardo, dan akan memulai tugas barunya itu pada 1 Juni 2013.

Vieira bermain untuk City pada 2010. Semusim di Etihad Stadium, mantan pemain Arsenal itu kemudian memutuskan pensiun pada 2011 dan menjabat sebagai kepala tim pengembangan sepak bola City.

Vieira masih berstatus sebagai pelatih dengan lisensi B UEFA. Pelatih berusia 36 tahun itu saat ini dikabarkan tengah menjalani program untuk mengambil lisensi A UEFA.

"Manchester City sangat senang mengumumkan Patrick Vieira sebagai kepala baru dari Elite Development Squad (skuad U-21 City). Dia akan mengambil posisi itu pada 1 Juni, setelah dua tahun berperan sebagai anggota eksekutif pengembangan sepak bola City," demikian pernyataan City dalam situs resmi klub.

Vieira pun mengaku senang dipercaya untuk memegang jabatan barunya tersebut. Mantan gelandang Juventus ini mengaku memang memiliki hasrat tinggi untuk melatih dan memberikan pengalamannya kepada pemain-pemain muda.

"Ini menandai babak baru baik dalam karier maupun hidup saya. Gairah saya untuk pengembangan bakat pemain muda hanya tumbuh ketika saya berada di City. Saya senang bisa memainkan peranan ini untuk membantu membentuk masa depan City," ujar Vieira.

Ketua Eksekutif City, Ferran Soriano, menilai jabatan tersebut sangat cocok dengan Vieira. Ia berharap Vieira dapat menyalurkan sejumlah pengalamannya kepada para pemain muda City.

"Patrick adalah pemain kelas dunia dan sebuah kehormatan besar bahwa dia memutuskan Manchester City untuk memulai karier kepelatihannya dalam sepak bola," ujar Soriano.

"Saya telah mencermatinya dengan hati-hati dan mempertimbangkan beberapa pilihan untuk menentukan pelatih dengan alasan terbaik. Dia (Vieira) sangat mencintai pertandingan dan mempunyai kemauan untuk terus belajar, ia juga punya keinginan untuk menyalurkan pengetahuan dan pengalamannya kepada para pemain muda," kata Soriano.

Elite Development Squad Manchester City saat ini bermain pada Premier League U-21. Pada 2014 mendatang, rencananya tim tersebut akan menjadi bagian dari Akademi Sepak bola City yang akan dibuatkan tempat latihan khusus yang letaknya tidak jauh dari Stadion Etihad.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com