Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

FIFA Putuskan Pakai Teknologi Garis Gawang di Brasil

Kompas.com - 19/02/2013, 22:32 WIB

ZURICH, KOMPS.com — Melalui situs resminya, FIFA mengumumkan bahwa mereka telah memutuskan menggunakan teknologi garis gawang (Goal Line Technology/ GLT) di Piala Konfederasi 2013 Brasil dan Piala Dunia 2014 Brasil, Selasa (19/2/2013).

Mengingat banyaknya GLT di pasaran, FIFA membuka tender pada Selasa (19/2/2013) dan telah menentukan persyaratan teknis untuk dua turnamen di Brasil itu. Keputusan mengenai teknologi yang akan digunakan pada dua ajang itu akan diambil pada April 2013.

Sejauh ini, sudah ada dua penyedia teknologi garis gawang yang sudah mendapatkan lisensi dari FIFA’s Quality Programme untuk teknologi garis gawang, yaitu Hawk-Eye dari Inggris (menggunakan 6-8 kamera berkecepatan tinggi) dan GoalRef dari Jerman (menggunakan medan magnet di sekitar gawang dan sirkuit elektronik di dalam bola). Kedua teknologi tersebut sudah digunakan di Piala Dunia Antarklub Jepang pada Desember 2012.

Bersama dengan penyedia teknologi garis gawang lain yang saat ini dalam proses mendapatkan lisensi, Hawk-Eye dan GoalRef diundang FIFA untuk mengajukan proposal.

Perusahaan teknologi garis gawang lain akan diundang mengikuti kunjungan ke lokasi-lokasi pertandingan Piala Konfederasi 2013, yang dijadwalkan pertengahan Maret mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com