Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rajin Menyerang, Chelsea Ditahan Benfica

Kompas.com - 28/03/2012, 02:35 WIB

LISBON, KOMPAS.com - Rajin menyerang, Chelsea masih belum berhasil meraih hasilnya dan hanya mampu bermain imbang tanpa gol dengan Benfica pada babak pertama leg pertama perempat final Liga Champions, Selasa atau Rabu (28/3/2012) dini hari WIB.

Laga berlagsung alot semenjak menit-menit awal. Pelatih Chelsea Roberto Di Matteo mengandalkan trisula Juan Mata, Fernando Torres, dan Salomon Kalou untuk merobek pertahanan tim tuan rumah.

Usaha Chelsea untuk mengemban misi tiga poin tidak mudah. Mereka terlihat kesulitan menciptakan peluang, meski rajin menyerang. Setidaknya, itu yang terjadi pada 15 menit pertama. Barisan pertahanan Benfica yang digalang Jardel dan kawan-kawan sementara tampil cukup disiplin dalam memutus alur serangan Chelsea.

Benfica pun sesekali menghadirkan serangan yang cukup mengejutkan. Salah satunya terjadi pada menit ke-19. Di dalam kotak penalti, Oscar Cardozo yang mendapatkan pengawalan ketat dari John Terry berhasil melepaskan tendangan voli yang cukup keras. Sayang, usaha Cardozo belum membuahkan hasil karena bola tembakannya masih melebar.

Ancaman tersebut tidak memengaruhi konsistensi serangan yang dilancarkan "The Blues". Fernando Torres dan kawan-kawan terlihat terus bekerja ekstra keras menembus pertahanan Benfica.

Mengatasi kebuntuan tersebut, Chelsea menambah variasi serangannya dengan melakukan tembakan-tembakan dari luar kotak penalti. Raul Meireles mencoba peruntungannya pada menit ke-34. Namun, bola tembakan gelandang asal Portugal itu masih melayang tinggi di atas mistar gawang Benfica.

Gawang Benfica kembali mendapatkan ancaman pada menit ke-38. Torres yang menguasai umpan dari Kalou berhasil merangsek ke dalam kotak penalti. Melihat ruang tembak, Torres langsung melepaskan sepakan keras. Bola tembakan penyerang asal Spanyol itu gagal mengenai sasaran.

Tidak berselang lama, Kalou kembali melepaskan umpan yang cukup cerdik kepada Meireles. Bola umpan Kalou langsung disambut dengan sepakan keras oleh Meireles. Namun, kiper Benfica, Artur, melakukan penyelamatan gemilang dengan menepis bola yang mengarah ke pojok kiri bawah gawangnya. Itu menjadi peluang terakhir bagi Chelsea.

Menurut catatan UEFA, selama paruh pertama, Benfica menguasai bola sebanyak 48 persen dan menciptakan dua peluang emas dari tujuh usaha. Adapun Chelsea melepaskan satu tembakan akurat dari lima percobaan.

Susunan Pemain
Benfica:
1-Artur; 4-Luisão, 33-Jardel, 3-Da Conceicao Emerson, 14-Maxi Pereira; 6-Javi Garcia, 8-Bruno Cesar, 20-Nicolas Gaitán, 28-Axel Witsel; 7-Óscar Cardozo, 10-Pablo Aimar
Chelsea: 1-Petr Cech; 26-John Terry, 4-David Luiz, 3-Ashley Cole, 19-Paulo Ferreira; 12-John Mikel Obi, 16-Raul Meireles, 7-Ramires; 10-Juan Mata, 9-Fernando Torres, 21-Salomon Kalou

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com