Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Skandal Seks Terry, Skandal AS Juga

Kompas.com - 03/02/2010, 09:25 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com — Inggris sedang pusing. Kapten kesebelasan mereka, John Terry, sedang digoyang isu skandal seks. Akankah Inggris mengikuti jejak Amerika Serikat, yang pernah mengalami kejadian serupa menjelang Piala Dunia 1998?

Benar, kasus perselingkuhan yang dialami Terry bukanlah yang pertama di dunia. Lebih dari 10 tahun lalu, AS memiliki pengalaman yang tak kalah gentingnya. Begitu pentingnya sehingga Pelatih Steve Sampson bertindak tegas mengeluarkan John Harkes dari skuad "The Yankees", dua bulan sebelum Piala Dunia digelar di Perancis.

Sama seperti Terry saat ini, waktu itu Harkes juga menjadi kapten di timnas. Harkes ketahuan berselingkuh dengan Amy, istri rekan satu timnya, Eric Wynalda.

Berbeda dari kasus Terry, yang begitu dibesar-besarkan oleh media, cerita Harkes itu tidak pernah terungkap di media massa. Ketika mendepak Harkes pada April 1998, Sampson hanya mengatakan bahwa ia mencoret Harkes karena gelandang tersebut menolak bermain lebih ke belakang. Ia juga menyebut soal "masalah kepemimpinan", tetapi tak menjelaskannya secara detail.

Kisah Harkes-Amy baru terkuak dalam wawancara Wynalda di program Fox Football Fone-In, Senin (1/2/2010). Sehari setelah itu, Sampson mengakui bahwa cerita itu memang benar. Kepada Associated Press, mantan Pelatih Los Angeles Galaxy itu mengatakan alasan mengapa kasus itu baru terungkap sekarang.

"Mungkin orang-orang akan sedikit lebih mengerti tentang apa yang terjadi pada bulan-bulan akhir menjelang Piala Dunia," ujarnya.

Maksud Sampson, rakyat AS akan lebih mengerti mengapa "The Yankees" gagal total di Piala Dunia 1998 setelah berhasil lolos fase grup empat tahun sebelumnya. Ya, di Perancis, AS selalu kalah dari musuh-musuhnya, termasuk lawan Iran.

"Itu bukan soal kalah 2-0 kepada Jerman atau kalah kepada Iran," ungkap Sampson. "Ada yang lebih dari itu yang saya rasa memengaruhi tim," tambahnya.

Mungkin ada yang berpikir, wawancara itu hanyalah akal-akalan AS untuk memojokkan Inggris, musuh mereka di Grup C Piala Dunia 2010. Jika Terry keluar dari skuad, lalu prestasi mereka anjlok, AS pasti mendapat keuntungan. Namun, bukan seperti itu yang diharapkan Wynalda.

"Banyak kesamaan antara yang terjadi pada kami tahun 1998 dan yang sedang terjadi sekarang pada Inggris," kata Wynalda, yang bercerai dengan Amy pada 2003 setelah dikaruniai tiga anak.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com