Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Vs Filipina: Sumardji Minta Rumput SUGBK Diperhatikan

Kompas.com - 09/06/2024, 22:40 WIB
Leonardo Juan Ruiz Febrian,
Eris Eka Jaya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ketua Badan Timnas Indonesia (BTN), Sumardji, memberikan informasi soal rumput di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) jelang laga timnas Indonesia di Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Indonesia akan melakoni pertandingan melawan Filipina dalam laga keenam Grup F pada Selasa (11/6/2024).

Menjelang laga yang akan dimulai pada lusa nanti, perihal rumput di SUGBK mendapat sorotan dari publik yang menonton pertandingan timnas Indonesia.

Sorotan datang ketika pertandingan melawan Irak (6 Juni). Dalam pertandingan tersebut, rumput di SUGBK tidak dalam kondisi hijau segar.

Baca juga: Indonesia vs Filipina: Pemain Lawan Waspadai Tekanan Suporter di SUGBK

Sejatinya, kritik tidak hanya datang dalam pertandingan Irak, ketika berjumpa dengan Vietnam (21 Maret) di SUGBK, sorotan juga tertuju pada rumput lapangan.

Kondisi rumput yang tampak tidak merata memengaruhi cepat atau lambatnya alur bola.

Melihat adanya atensi akan hal tersebut, Sumardji telah meminta pengelola GBK untuk menjaga keadaan rumput di SUGBK.

Ketua Badan Timnas Indonesia, Sumardji, memberikan informasi mengenai timnas Indonesia jelang laga melawan Filipina, di Stadion Madya, pada Minggu (9/6/2024).KOMPAS.com/Ahmad Zilky Ketua Badan Timnas Indonesia, Sumardji, memberikan informasi mengenai timnas Indonesia jelang laga melawan Filipina, di Stadion Madya, pada Minggu (9/6/2024).

"Kami sudah telepon pengelola GBK karena kondisi rumput kemarin juga kurang bagus. Kami memohon ke pihak GBK supaya betul-betul dipersiapkan, diperhatikan betul kondisi rumput," ujar Sumardji kepada awak media, termasuk Kompas.com, di Stadion Madya, pada Minggu (9/6/2024).

"Kita lihat rumput GBK kan kayaknya stres sehingga kondisi begitu makan waktu, tadi saya telepon supaya betul-betul diperhatikan," jelasnya.

Ia juga memberikan jawaban mengenai perihal penggunaan stadion lain selain SUGBK, apabila timnas Indonesia mampu lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

"Itu nanti kita akan sampaikan berikutnya," tutur Sumardji.

Baca juga: Pemukul Manajer Timnas U22 Indonesia Minta Maaf: Nangis dan Peluk Sumardji

Kini, tim besutan Shin Tae-yong unggul atas Filipina secara peringkat klasemen Grup F. Indonesia menempati posisi kedua.

Merah Putih membukukan tujuh poin, sementara Filipina di posisi juru kunci dengan satu poin.

Filipina bisa menjadi batu sandungan bagi Indonesia di laga pamungkas mendatang.

Hal tersebut dibuktikan dalam perjumpaan kedua Grup F serta ketika menghadapi Vietnam.

Filipina mampu menahan imbang 1-1 Indonesia (November 2023), lalu memberikan perlawanan dengan Vietnam (Juni 2024), meski harus takluk 2-3.

"Lawan Filipina adalah benar-benar perjuangan yang berat bagi pemain karena terbebani harus lolos," ucap Sumardji.

"Maka, targetnya sesuai dengan target ketum dan semuanya, kami menginginkan lolos, maka betul-betul para pemain itu sudah bersiap diri dari kemarin sejak kalah sama Irak," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com