Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Italia Vs Bosnia-Herzegovina, Tanggung Jawab Seragam Azzurri di Mata Spalletti

Kompas.com - 09/06/2024, 18:29 WIB
Leonardo Juan Ruiz Febrian,
Eris Eka Jaya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pelatih Luciano Spalletti menunjukkan hasrat yang tinggi dalam memimpin timnas Italia menjelang Euro 2024 atau Piala Eropa 2024.

Pendapat juru taktik Italia ini diungkapkan dalam jumpa pers menjelang pertandingan uji coba melawan Bosnia dan Herzegovina.

Italia dijadwalkan melangsungkan pertandingan melawan Bosnia dan Herzegovina pada Minggu (9/6/2024) alias Senin dini hari WIB di Stadio Carlo Castellani.

Pertandingan nanti akan menjadi laga uji coba terakhir menjelang Euro 2024 yang segera dimulai pada 14 Juni-14 Juli 2024 di Jerman.

Baca juga: Italia Tatap Euro 2024, Materazzi Jelaskan Beda Gaya Mancini dan Spalletti

Spalletti mengungkapkan tanggung jawab serta sikap yang harus ditunjukkan ketika menggunakan seragam Italia dalam menghadapi lawan-lawannya.

"Kami tidak akan pernah merasa tenang dengan mengenakan seragam Italia, jadi kami harus bercita-cita tinggi," kata Spalleti, dilansir dari SkySports Italia.

"Kami harus menunjukkan bahwa kami tahu bagaimana mengemban tanggung jawab ini. Kami bekerja dengan serius dan mengincar yang terbaik," ujar Spalleti menambahkan.

"Kami tahu dari mana kami berasal, tentu saja hal terbaik adalah untuk tidak memberi tahu para pemain ini bahwa satu-satunya cara untuk mengenakan seragam ini dengan bangga adalah dengan meraih kemenangan," ucap pelatih berusia 65 tahun itu.

Baca juga: Hasil Persiapan Euro 2024: Portugal Menang, Italia Tertahan Turki

Eks pelatih AS Roma dan Inter Milan itu mewaspadai serangan balik yang dimiliki Bosnia dan Herzegovina.

"Bosnia adalah tim yang menjadikan serangan balik sebagai kualitas utamanya," katanya.

Tim berjuluk Gli Azzurri ini datang ke Jerman sebagai juara bertahan Euro 2020. Mereka memiliki tekad untuk bisa mempertahankan gelar juara tersebut.

Gelar juara Euro 2020 didapatkan kala Italia mengalahkan Inggris via adu penalti, setelah bermain imbang 1-1 dalam babak normal serta tambahan waktu di Stadion Wembley, London.

Italia berada di Grup B Euro 2024 bersama Albania, Spanyol , dan Kroasia. 

Albania akan menjadi lawan perdana Italia di Euro 2024 pada Sabtu (15/6/2024).

Pertemuan Italia dengan Spanyol serta Kroasia seperti ulangan dalam Euro 2012. Saat itu, Italia, Spanyol, Kroasia, dan Republik Irlandia berada di Grup C.

Italia dan Spanyol berhasil menembus babak final Euro 2012. Dalam partai puncak, La Furia Roja berhasil melibas Italia empat gol tanpa balas dan keluar sebagai juara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com