Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Regulasi Baru soal Kuota Pemain Asing Liga 1 Musim Depan

Kompas.com - 01/06/2024, 08:00 WIB
Ferril Dennys

Penulis

KOMPAS.com - Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB) Ferry Paulus memastikan pada Liga 1 Indonesia musim depan akan menggunakan regulasi delapan pemain asing.

Ferry menjelaskan regulasi itu merupakan kesepakatan dari klub-klub peserta Liga 1 musim depan.

"Nah musim depan, musim depan itu pasti kick off-nya pada 2 Agustus. Sudah pasti kami tetapkan 2 Agustus. Kemudian yang pasti akan berubah adalah dari regulasi pemain asing," ujar Ferry.

"Jadi ke klub per hari ini akan kita sampaikan setelah Championship Series ini selesai bahwa regulasi pemain asing akan dengan delapan pemain asing. Namun, tetap yang main adalah 5+1, satunya tapi Asia bukan ASEAN. Kemudian delapan-nya ada di DSP (daftar susunan pemain). Jadi asing tukar dengan asing," sambungnya.

Ferry menjelaskan regulasi delapan pemain asing ini sangat berguna karena akan memberikan manfaat kepada pemain-pemain lokal untuk mencuri ilmu.

Baca juga: Jadwal Siaran Langsung Dortmund Vs Madrid di Final Liga Champions

Selain itu, Ferry juga menjelaskan jika regulasi pemain U-23 masih akan diberlakukan pada kompetisi Liga 1 Indonesia musim depan karena sudah terbukti memberikan manfaat.

"Kenapa penting buat kita? Supaya kita juga punya banyak opportunity pemain asing yang bisa memberikan manfaat untuk AFC di konstelasi AFC. Kan di AFC juga bebas tapi DSP-nya tetap enam gitu kan tetap enam, 5+1," jelas Ferry.

"Nah kita juga mau pemain asingnya, barangkali yang akan datang nanti akan lebih kita pikirkan lagi tapi untuk kali ini kita kasih kesempatan untuk bisa dapat tambahan pemain asing dua menjadi delapan. Di DSP tetap delapan jadi asing ganti asing," ujar dia.

"Kemudian (regulasi) U-23 tetap karena ini memang kelihatan kan manfaat dari Under-23, pemain-pemain Under-23 kita semuanya punya kontribusi yang besar untuk tim nasional di Under-23," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com