Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ubah Cara Pikir Persib Lawan Bali United, Upaya Akhiri Tren Negatif

Kompas.com - 06/05/2024, 17:00 WIB
Adil Nursalam,
Eris Eka Jaya

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Persib Bandung dibayangi rekor buruk menghadapi Bali United pada semifinal Championship Series Liga 1 2023-2024.

Bagaimana tidak? Dari 12 pertemuan sejak tahun 2017, Persib belum pernah menang sekali pun melawan Bali United. 

Marc Klok gelandang Persib tahu bahwa timnya memang tak diuntungkan soal rekor pertemuan. 

Berulang kali Persib mencoba mengalahkan Bali United, tetapi Bali United selalu punya cara dan trik, minimal menahan imbang Pasukan Maung Bandung. 

Baca juga: Championship Series Bali United Vs Persib, Laga Tak Mudah Kedua Tim

"Saya melihat statement Teco (pelatih Bali United), dia bilang rekor dia lawan Persib sangat baik. Dia benar, dia punya histori seperti itu," ungkap Klok. 

Namun, meski tak diuntungkan, Klok merasa Persib punya motivasi besar untuk menghentikan rekor buruk tersebut pada waktu yang tepat. 

Adalah di laga semifinal yang menentukan kedua tim memenangi gelar juara musim ini.  

"Namun, kami mau mengubah hasil itu pastinya, dan saya tidak lihat ke belakang, hanya lihat tanggal 14 dan 18 Mei karena ini sangat penting buat Persib," katanya. 

Baca juga: 4 Laga Final Persib di Championship Series, Fisik dan Finishing Diasah

Jadwal semifinal pertama Bali United vs Persib akan digelar pada Selasa (14/5/2024) di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar Bali. 

Jadwal semifinal kedua Persib vs Bali United bakal digelar Sabtu (18/5/2024) di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung. 

Demi mengakhiri tren buruk Persib dari Bali United dan lolos ke final, Klok berpikir yang harus dipersiapkan bukan hanya fisik dan mental, mindset (cara pikir) bertanding pun perlu diubah. 

Baca juga: Ciro Alves Winger Tersubur Liga 1 untuk Persib, Sesalkan Gol Vs PSM

"Saya pikir sekarang bukan pada masalah kondisi atau fisik. Namun, yang lebih penting mindset. Menurut saya persiapan dua minggu ini yang paling penting adalah mindset,” tutur Klok. 

Mindset empat laga final diusung Marc Klok untuk memenangi gelar juara Liga 1 2023-2024, sekaligus mengakhiri dahaga gelar 10 tahun Persib. 

"Kami tahu empat pertandingan ini seperti final semua. Semua tahu target kami dan pertandingan pertama pasti penting," ujarnya. 

"Persiapan minggu ini sedikit berat, lari, gym supaya fisik lebih naik. Minggu depan mungkin cuma taktikal. Namun, ya kami sangat lihat ke depan, atmosfer sangat baik,” katanya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com