Kemenangan Dortmund Kunci 5 Slot Bundesliga di Liga Champions Musim Depan

Kompas.com - 02/05/2024, 04:46 WIB
Firzie A. Idris

Penulis

KOMPAS.com - Kemenangan 1-0 Borussia Dortmund atas Paris Saint-Germain pada laga leg pertama semifinal Liga Champions, Rabu (1/5/2024) atau Kamis dini hari WIB memastikan Bundesliga mendapat jatah lima klub ke kompetisi tersebut musim depan.

Borussia Dortmund memastikan kemenangan 1-0 atas PSG berkat gol tunggal Niclas Fullkrug pada babak pertama laga di Signal Iduna.

Namun, mereka juga membutuhkan tiang gawang dua kali untuk menyelamatkan dari kekalahan.

Kemenangan pasukan Edin Terzic memastikan Bundesliga dapat lima jatah ke Liga Champions musim depan karena mereka menjadi salah satu dari dua asosiasi UEFA dengan koefisien poin tertinggi pada 2023-2024.

Kemenangan Dortmund memastikan Bundesliga memiliki 18.357 poin koefisien. Nilai terbaik yang mungkin diraih dua liga penguntit mereka adalah Perancis 18.083 poin dan Inggris 18.250 poin.

Baca juga: Hasil Dortmund Vs PSG 1-0: Gol Fullkrug Bawa BVB Menang

Tim-tim Liga Jerman yang akan tampil di kasta tertinggi sepak bola Eropa musim depan adalah Bayer Leverkusen sang juara, diikuti Bayern Muenchen, Stuttgart, Leipzig, dan Dortmund sendiri yang duduk di peringkat kelima.

Bundesliga bahkan bisa mendapatkan jatah keenam ke Liga Champions musim depan apabila Dortmund melenggang ke final dan menjadi juara.

Alhasil, klub di peringkat keenam kasta teratas Liga Jerman akan dapat jatah tambahan.

Khusus bagi Dortmund, kepastian lolos ke Liga Champions musim depan menjadi angin segar bagi bujet klub.

Kubu BVB diyakini bakal berupaya mempertahankan dua pemain pinjaman dari Liga Inggris, Ian Maatsen (Chelsea) dan Jadon Sancho (Manchester United).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com