Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Emi Martinez Tidak Diusir Setelah Kena Kartu Kuning 2 Kali

Kompas.com - 19/04/2024, 10:00 WIB
Leonardo Juan Ruiz Febrian,
Ferril Dennys

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kiper Aston Villa, Emiliano Martinez, tidak dikeluarkan dari lapangan setelah mendapat dua kartu kuning dalam laga perempat final Liga Conference 2023-2024.

Momen ini terjadi kala Aston Villa menghadapi Lille di Stadion Stade Pierre Mauroy pada Kamis (18/4/2024) atau Jumat (19/4) dini hari WIB.

Dibu, sapaan akrab Martinez, mendapat kartu kuning pertama pada menit ke-39. 

Kiper asal Argentina ini kembali mendapatkan kartu kuning kedua kali kala dirinya menunjukkan gestur dengan menaruh telunjuk di depan mulut ke arah suporter Lille dalam babak adu penalti.

Martinez yang terkena kartu kuning kedua tetap dipersilakan untuk tetap menjaga gawang Aston Villa dan tidak diusir dari lapangan.

Baca juga: Indonesia Vs Argentina: Dominasi Sang Juara Dunia, Ivar Jenner Hampir Jebol Gawang Emi Martinez

Keputusan wasit lapangan, Ivan Kruzliak, berdasar pada aturan yang tertera di IFAB (International Football Association Board), badan yang mengurus aturan sepak bola dunia.

Wasit hanya mengikuti aturan permainan, dengan aturan IFAB 10.3 yang menetapkan bahwa kartu kuning tahun normal hingga babak tambahan tidak berlaku pada adu penalti.

Peraturan tersebut berbunyi: "Kartu kuning dan peringatan dari pertandingan tidak diteruskan ke dalam adu penalti, namun seorang pemain yang mendapatkan kartu merah selama pertandingan tidak dapat mengambil bagian."

"Para pemain, pemain pengganti, pemain yang digantikan dan ofisial tim bisa mendapatkan kartu merah atau kuning selama adu penalti."

Baca juga: Ricuh Suporter Brasil Vs Argentina: Kepala Fan Bocor, Emi Martinez Cegah Tindakan Represif Polisi

Aston Villa berhasil melaju ke babak semifinal Liga Conference 2023-2024 setelah menang melalui babak penalti atas Lille.

Tim asal Inggris ini menang 4-3 dalam babak adu penalti.

Pada waktu normal 90 menit hingga tambahan waktu, Lille unggul 2-1 atas Villa, tetapi agregat masih imbang 3-3. 

Emi Martinez menjadi pahlawan bagi Aston Villa setelah menepis tendangan penendang pertama dan kelima Lille.

"Ini merupakan perjalanan yang luar biasa sepanjang karier saya. Saya seorang yang percaya dan pekerja keras dan ini adalah takdir saya hari ini," ujar Martinez di TNT Sports.

"Saya selalu mengatakan di sepanjang karier saya, saya berutang kepada rekan-rekan setim saya di momen-momen tersebut, bahkan ketika kami menonton Real Madrid semalam, manajer mengatakan bahwa kami mungkin akan beradu penalti dan di momen-momen tersebut saya menguasai kotak penalti saya," jelasnya.

The Lions akan menghadapi Olympiacos di babak semifinal Liga Conference 2023-2024.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com