Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kata Pemain Asal Jepang di Liga Indonesia soal Garuda Vs Samurai Biru

Kompas.com - 23/01/2024, 13:00 WIB
Suci Rahayu,
Eris Eka Jaya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Mantan pemain Arema FC, Renshi Yamaguchi, tidak sabar menantikan laga pamungkas penyisihan Grup D Piala Asia 2023 Qatar antara Jepang dan Indonesia.

Laga Jepang vs Indonesia pada Piala Asia 2023 akan berlangsung di Al Thumama Stadium, Qatar, Rabu (24/1/2024) malam.

Sebagai warga negara Jepang, ia akan mendukung kompatriotnya untuk menang dan melaju ke babak selanjutnya.

Akan tetapi, pengalamannya berkarier di Indonesia membuatnya merasa Tim Garuda, julukan timnas Indonesia, tidak akan membuat Samurai Biru, julukan Jepang, lolos dengan mudah.

Baca juga: Timnas Indonesia Vs Jepang, Takefusa Kubo Tebar Ancaman

"Saya sangat antusias dengan pertandingan Jepang vs Indonesia. Tentu saja saya mendukung tim Jepang sebagai orang Jepang. Namun, saya juga berharap Indonesia menunjukkan performa terbaik mereka," ujarnya kepada Kompas.com, Senin (22/1/2024).

Rensi Yamaguchi berkarier di Indonesia sejak tahun 2021 silam. Ia mengarungi Liga 1 2021-2022 bersama Arema FC, kemudian berlanjut pada musim 2022-2023 lalu.

Pada awal musim 2023-2024, sebenarnya ia masih punya sisa kontrak bersama Arema FC. Akan tetapi, ia tidak masuk skema pelatih I Putu Gede yang saat itu memimpin.

Pemain berposisi gelandang itu kemudian dilego sebagai pemain pinjaman ke Gresik United yang bermain di Liga 2 2023-2024.  Saat ini, ia menjadi motor utama tim di babak 12 besar.

Baca juga: Indonesia Vs Jepang, Lemparan Arhan Bukan Ancaman

Dari pengalamannya tersebut, ia telah menghadapi banyak pemain dan beberapa menarik perhatiannya. Karena itu, ia melihat pertandingan akan berjalan seru dan sengit.

"Saya beruntung bisa bermain di divisi 1 dan 2 di Indonesia. Saya bertanding dengan banyak pemain berkualitas. Saya berharap mereka membangun sepak bola Indonesia," tutur Renshi Yamaguchi.

Seperti diketahui, laga ini akan menjadi laga hidup dan mati bagi kedua tim.

Baik Jepang maupun Indonesia sama-sama memperoleh tiga poin dari satu menang dan satu kalah.  Jepang berada di atas Indonesia karena unggul selisih gol saja.

Baca juga: Jadwal Timnas Indonesia Vs Jepang pada Piala Asia 2023

Menang menjadi syarat mutlak untuk mengamankan tiket ke babak 16 besar Piala Asia 2023.

Tim yang seri atau kalah pun juga punya peluang lolos lewat slot peringkat ketiga terbaik, tetapi bergantung dengan hasil pertandingan lain.

Jika seri, Jepang akan tetap lolos karena unggul selisih gol. Sementara Indonesia tetap bisa lolos dengan catatan tiga tim peringkat ketiga lainnya tidak memetik kemenangan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com