Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Erick Thohir: FIFA Menawarkan Beberapa Event Setelah Piala Dunia U17

Kompas.com - 04/12/2023, 14:43 WIB
Leonardo Juan Ruiz Febrian,
Firzie A. Idris

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Indonesia berhasil mengukir tinta emas dengan sukses menggulirkan event olahraga bertaraf internasional, yakni Piala Dunia U17 2023.

Keberhasilan event Piala Dunia U17 pertama di negara Asia Tenggara tersebut diyakini membuka mata dunia terhadap potensi Tanah Air untuk menjadi tuan rumah acara-acara lain bertaraf internasional.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, menyebut Indonesia bahkan sampai mendapat tawaran beberapa event lain dari FIFA untuk ke depannya.

Tawaran tersebut datang tidak lain datang setelah FIFA menilai Tanah Air sukses terhadap penyelenggaraan penyelenggaraan Piala Dunia U17 kali ini. 

"Dari FIFA sendiri sangat positif. FIFA bahkan menawarkan beberapa event ke depan juga. Belum tahu ajangnya apa ya," ungkap Erick Thohir dikutip dari BolaSport.

Baca juga: Presiden FIFA soal Piala Dunia U17 2023: Indonesia Tuan Rumah Luar Biasa, Tiada Duanya

Mantan Presiden Inter Milan tersebut turut mengklaim bahwa gelaran Piala Dunia U17 ke-19 kali ini mendapat sorotan yang positif pada kualitas pelayanan.

"Positif karena stadion kita bagus, kualitas rumput, hospitality, hotel, bandara, servis. Mereka semua puas dan mereka melihat Piala Dunia U17 kita jadi salah satu yang terbaik."

"Selama penyelenggaraan yang terjadi, kita jadi salah satu yang terbaik," lanjutnya.

Pernyataan Erick ini didukung oleh pendapat Presiden FIFA, Gianni Infantino yang turut memuji kesuksesan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U17.

Baca juga: Piala Dunia U17 2023: Konstantin Heide Pahlawan Jerman, Jasa Kertas Contekan

"Indonesia telah menjadi tuan rumah luar biasa, memberikan kami sambutan hangat dan keramahan yang tidak ada di tempat lain," ujar Gianni dikutip dari situs FIFA, edisi Minggu (3/12/2023). 

"Kami memiliki lebih dari 1.000 sukarelawan dan jumlah penonton luar biasa di stadion-stadion, hampir setengah juta orang datang ke pertandingan," sambungnya.

"Yang membuat kami semua terkejut adalah cara kami disambut di negara ini, negara indah yang menyambut dunia. Jadi, terima kasih sebesar-besarnya untuk Indonesia."

Baca juga: Sepak Terjang Paris Brunner, Sang Pemain Terbaik Piala Dunia U17 2023

Kemeriahan, kegembiraan, dan sukacita yang terdapat pada turnamen ini tidak hanya berdampak pada event tersebut.

Lebih jauh dari penyelenggaraan turnamen ini, event Piala Dunia U17 di Indonesia mampu memberikan multiplier effect (efek berganda) kepada semua sektor yang turut terlibat, berkontribusi, dan berkolaborasi untuk menyukseskan acara kali ini.

Seperti pembuatan cendera mata oleh UMKM lokal setempat, penyewaan penginapan, pembelajaran untuk sepak bola lokal, hingga percetakan spanduk Piala Dunia U17.

Erick Thohir juga telah mengatakan, sebanyak 500.000 tiket terjual untuk laga-laga di Piala Dunia U17 2023.

Pergelaran Piala Dunia U17 di Indonesia sudah menjadi catatan sejarah.

Event FIFA pertama di Tanah Air ini menambah rekam jejak kesuksesan Indonesia menjadi tuan rumah gelaran-gelaran bergengsi dunia setelah Asian Games 2018 Jakarta-Palembang, MotoGP Mandalika, Formula E, F1 Powerboat, dll.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com