Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden FIFA soal Piala Dunia U17 2023: Indonesia Tuan Rumah Luar Biasa, Tiada Duanya

Kompas.com - 04/12/2023, 10:34 WIB
Leonardo Juan Ruiz Febrian,
Sem Bagaskara

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Presiden FIFA, Gianni Infantino, memuji Indonesia atas keberhasilan menyelenggarakan Piala Dunia U17 2023 yang berlangsung pada 10 November-2 Desember 2023.

Gianni Infantino menyaksikan secara langsung final Piala Dunia U17 2023 di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (2/12/2023) yang dihadiri oleh 13.037 penonton.

"Indonesia telah menjadi tuan rumah yang luar biasa, memberikan kami sambutan hangat dan keramahan yang tidak ada duanya," ujar Gianni Infantino dikutip dari situs FIFA, Minggu (3/12/2023). 

"Kami memiliki lebih dari 1.000 sukarelawan dan kami memiliki jumlah penonton yang luar biasa di stadion-stadion, hampir setengah juta orang datang ke pertandingan," tuturnya menambahkan.

"Yang membuat kami semua takjub adalah cara kami disambut di negara ini, negara indah yang menyambut dunia. Jadi, terima kasih yang sebesar-besarnya untuk Indonesia."

Baca juga: Piala Dunia U17 2023: Konstantin Heide Pahlawan Jerman, Jasa Kertas Contekan

Piala Dunia U17 2023 telah rampung digelar, dipuncaki pertandingan final yang mempertemukan Jerman vs Perancis. 

Indonesia menjadi saksi sejarah baru. Jerman untuk pertama kalinya keluar sebagai juara Piala Dunia U17 setelah 11 kali berpartisipasi.

Der Panzer menang 4-3 melalui drama adu penalti melawan Perancis. Partai final Jerman kontra Perancis mesti diselesaikan via adu penalti karena skor imbang 2-2 pada waktu normal. 

"Turnamen ini merupakan kompetisi yang ketat dan untuk pertama kalinya Jerman memenangkan Piala Dunia FIFA U17 setelah pertandingan final yang seru melawan Perancis," kata Infantino.

"Kita melihat Jerman melawan Perancis di final di Indonesia dan Mali melawan Argentina di perebutan tempat ketiga, sebuah pertunjukan yang sempurna dari sifat global permainan kita ini."

"Selamat kepada Jerman, kalian boleh berbangga dengan pencapaian kalian dan masa depan terlihat cerah bagi kalian semua."

Baca juga: Sepak Terjang Paris Brunner, Sang Pemain Terbaik Piala Dunia U17 2023

Seperti Jerman, Indonesia juga mencatat sejarah pada penyelenggaraan Piala Dunia U17 2023.

Indonesia untuk pertama kalinya dipercaya FIFA menjadi tuan rumah Piala Dunia U17. Inilah turnamen FIFA perdana yang digelar di Indonesia.

Timnas U17 Indonesia juga berhasil mencatatkan dua poin pada keikusertaan pertama di ajang Piala Dunia U17.

Raihan poin historis timnas U17 Indonesia bersumber dari hasil imbang kontra Ekuador (1-1) dan Panama (1-1) pada laga Grup A Piala Dunia U17 2023.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com