Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Stadion Gelora Bung Tomo Ingin Sempurna untuk Piala Dunia U17 2023

Kompas.com - 25/10/2023, 10:36 WIB
Suci Rahayu,
Firzie A. Idris

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya tak mau setengah-setengah menjadi tuan rumah Piala Dunia U17 2023 Indonesia. Stadion kebanggaan Kota Pahlawan itu ingin sesempurna mungkin sebelum pergelaran turnamen.

H-15 sebelum Piala Dunia U17, Pemkot Surabaya dibantu dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terus melakukan pengecekan kekurangan dan penyempurnaan.

"Progres kolaborasi OPD di kota Surabaya sudah siap mendekati finishing. Setiap hari seluruh OPD selalu melakukan pengecekan bagian yang kurang," ujar Kepala Dinas Kebudayaan, Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disbudparpora) Kota Surabaya Wiwiek Widayati.

"Termasuk juga untuk melengkapi beatifikasi dressing House City, contohnya pasang umbul2, banner dsb.”

"Alhamdulilah selesai dengan cepat. Teman-teman OPD terkait sangat luar biasa, mudah-mudahan pada saatnya tanggal 10 November kita sudah siap," imbuhnya.

Seorang pegawai sedang melakukan penyiraman rumput Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya yang akan menjadi salah satu venue babak penyisihan Piala Dunia U20 2023 mulai tanggal 20 Mei - 11 Juni 2023.KOMPAS.com/SUCI RAHAYU Seorang pegawai sedang melakukan penyiraman rumput Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya yang akan menjadi salah satu venue babak penyisihan Piala Dunia U20 2023 mulai tanggal 20 Mei - 11 Juni 2023.
Sementara itu, sarana prasarana utama juga dicek secara berkala. Khususnya, lapangan dan rumput lapangan yang akan digunakan selama babak penyisihan pada Jumat (10/11/2023), Senin (13/11/2023), dan Kamis (16/11/2023).

Kualitas rumput semakin intens dipantau selama hampir dua minggu ini. Perawatannya pun disesuaikan dengan prosedur berlaku.

"Kami tiap hari juga turun untuk melihat rumput dan melihat teman-teman apakah sudah menjalankan sesuai aturannya. Rumput pun kita jaga, jadi artinya secara periodik kapan di vertikal kapan diroll kapan diberi pupuk itu yang selalu kami pantau," tutur perempuan berkacamata itu.

Bagian luar stadion juga tidak luput dari penyempurnaan. Tempat parkir yang berada di sisi lapangan latihan A, B, C GBT sudah selesai pengaspalannya dan kini sedang dirapikan kembali.

"Kami juga tengah finishing untuk parkir lapangan Utara di main stadium GBT, hari ini sudah selesai untuk pengaspalan tinggal melakukan perapian saja," sambungnya.

Dengan persiapan matang ini, Wiwiek Widayati optimistis upacara pembukaan dan babak penyisihan Grup A Piala Dunia U17 2023 dapat berjalan lancar dan sukses.

"Saya harap Insya Allah dari yang sudah kita lakukan hingga saat ini bisa memberikan satu performa bagus untuk Kota Surabaya. Perhelatan akbar ini menjadi suatu kebanggaan bagi Indonesia pada umumnya dan tentu sebuah kehormatan bagi Kota Surabaya," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com